Bima Arya Tegur Keras Pimpinan RS UMMI Bogor

42
Bima Arya Tegur Keras Pimpinan RS UMMI Bogor
Walikota Bogor Bima Arya Ft Istimewa
BOGOR, banten.indeksnews.com – Bima Arya Tegur Keras Rumah Sakit UMMI Bogor lagi ramai diberitakan media. Hal itu lantaran rumah sakit Kelas C yang berada di Jalan Empang II Bogor Selatan, Jawa Barat itu sedang merawat Habib Riziek Shihab bersama istrinya.

Kondisi Riziek Shihab sendiri menurut Direktur Utama RS UMMI dr. Andi Tatat, MKM, dalam keadaan sehat dan tidak ada mengarah ke Covid-19. Namun pihak pemerintah, Wali Kota Bogor Bima Arya yang juga Ketua Satgas Covid-19 Bogor, meminta agar Riziek dites swab ulang untuk memastikan kondisi kesehatannya.

Wali Kota Bogor Bima Arya menegur RS UMMI yang merawat dan menjadi lokasi swab test Rizieq Syihab. Bima menilai, pihak rumah sakit kurang kooperatif dan terbuka kepada Satgas Covid-19 Kota Bogor sehingga swab terhadap Rizieq tidak terlaporkan dengan baik.

“Rumah sakit tadi siang kecolongan, kami tegur. Kami minta ke depan terbuka untuk kerja sama,” papar Bima , di RS UMMI, Jumat (27/11/2020) malam.

Hal kedua, pihak RS UMMI tidak mengetahui bila Rizieq telah melakukan swab test. Sehingga Satgas Covid-19 Kota Bogor tidak mengetahui prosedur dan lembaga yang melakukan tes.

Diam-diam Rizieq Tes Covid-19 Mandiri Tanpa Koordinasi Pemkot Bogor “Rumah sakit ini kan punya sistem, tamu yang datang prosedurnya. Bagaimana bisa terjadi di-swab tapi tidak diketahui. Orang saya, kapolres, dandim, masuk dicek, masa tim swab tidak ketahuan masuk ke sini. Jangan-jangan enggak pake APD,” kata Bima.

Ia menilai, ada kekeliruan yang bisa menyebabkan hal yang fatal yakni tidak berkoordinasi dengan pemkot perihal swab Rizieq. Ia pun meminta agar ke depan, RS UMMI lebih kooperatif, khususnya terkait penanganan Covid-19.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Sampaikan Ucapan Selamat Atas Pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris

“Kalau tidak, bisa kena pasal. Saya ingatkan, saya tegur keras, demi semua. Bagi kami kesehatan habib penting, bagi kesehatan pekerja di sini penting dan taat aturan juga penting,” tegas Bima.

RS UMMI BOGOR FT istimewa
RS UMMI BOGOR FT istimewa

Ia pun memastikan, ke depan akan lebih kooperatif dan memberikan informasi selengkap-lengkapnya.

“Ke depan, kami berkomitmen 100 persen memberikan informasi selengkap-lengkapnya. Kami memberikan informasi itu. Kami dari rumah sakit menyampaikan bagian dari PR kami ke depan,” paparnya.

RS Ummi sendiri punya website yang bisa diakses semua orang. Pada keterangannya disebutkan rumah sakit umum itu tipe C, yang memberikan pelayanan kesehatan dengan layanan unggulan berupa pelayanan kesehatan bagi Ibu dan Anak.

RS UMMI diresmikan pada tanggal 18 Mei 2013 di Bogor. Terletak di kawasan pusat kota Bogor di dekat kaki Gunung Salak sehingga menjadikan rumah sakit ini sejuk, nyaman dan tenang. Berdiri di atas lahan tanah seluas lebih dari 5000 m2 dengan fasilitas yang sangat lengkap.

Dilengkapi dengan fasilitas IGD dengan dokter jaga yang bersertifikasi, ICU, PICU, NICU, Ruang Perinatologi serta 3 Kamar Operasi.