Pemerintah Beri Pinjaman Rp 650 M untuk Program 1 Juta Rumah

220
Pemerintah Beri Pinjaman Rp 650 M untuk Program 1 Juta Rumah
SATU JUTA RUMAH FT ILUSTRASI
JAKARTA,banten.indeksnews.com – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan dukungan pembiayaan kepada Perum Perumnas sebesar Rp 650 miliar. Pinjaman tersebut diberikan untuk mendukung program 1 juta rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu, Rahayu Puspasari mengatakan, pembiayaan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan (KMK) nomor KMK 503/KM.06/2020 tanggal 9 November 2020. Melalui keputusan tersebut, pemerintah menugaskan PT Sarana Multi Griya Finansial (SMF) untuk melakukan analisis usulan dukungan serta monitoring dan evaluasi investasi  PEN kepada Perum Perumnas.

“Dukungan pemerintah diberikan dalam rangka menata kembali dan memperkuat struktur keuangan perusahaan di dalam melaksanakan program Satu Juta rumah bagi MBR agar tidak terkendala akibat pandemi Covid-19,” tutur Puspa dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (29/11/2020).

Pembiayaan sebesar Rp 650 miliar tersebut terbagi ke dalam dua bagian, bagian pertama adalah pinjaman sebesar Rp 200 miliar yang diberikan dengan maksud agar Perum Perumnas tidak terbebani dengan utang jangka pendek berbunga tinggi, yang tidak sesuai dengan karakter investasi di bidang pembangunan perumahan. Bagian kedua dari paket tersebut akan berupa pinjaman modal kerja sampai dengan Rp 450 miliar, yang akan digunakan Perum Perumnas untuk menyelesaikan proyek-proyek pembangunan perumahan yang telah berjala.

“Dengan adanya dukungan dan sinergi ini, pelaku usaha perumahan MBR termasuk Perum Perumnas diharapkan dapat lebih berkontribusi dan mampu meningkatkan perannya dalam keseluruhan ekosistem perumahan di Indonesia,” ucap Puspa.

Artikel sebelumyaHabib Rizieq Shihab Dikabarkan Kabur Dari RS UMMI
Artikel berikutnyaPutus Cinta, Selebgram Bali Ayu Wulantari Nekat Terjun dari Lantai 4 Hingga Tewas