Sungai Serayu Meluap, Banjir Genangi Rumah Warga Hingga 1 Meter

49
Sungai Serayu Meluap, Banjir Genangi Rumah Warga Hingga 1 Meter
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas mencatat, beberapa daerah paling parah terdampak banjir akibat luapan Sungai Serayu yang terjadi pada Kamis (3/12) dinihari diantaranya, Grumbul Bonjok, Desa Sokawera, Kecamatan Kalibagor dan Desa Kalicupak, Kecamatan Somagede, Banyumas, Jawa Tengah.

Kepala Pelaksana BPBD Banyumas Titik Puji Astuti mengatakan, akibat banjir tersebut, warga di sejumlah desa memilih mengungsi. Ternak warga pun dievakuasi ke tempat lebih aman.

Berdasarkan data sementara di Kecamatan Kalibagor, sebanyak 300 rumah terdampak. Lalu, di Kecamatan Somagede hampir 600 rumah terdampak.

“Kalau secara keseluruhan mungkin lebih dari 1.000 rumah. Kami masih melakukan pendataan, ini personel kami dibagi-bagi ke wilayah terdampak,” kata Titik.

Kapolsek Rawalo AKP Sutardiyana mengatakan ada sekitar 67 rumah di Dusun Kaliwangi, Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo terendam. Ketinggiannyapun variatif dari 30 cm hingga sekitar 1 meter.

“Kami bersama dengan Koramil Rawalo dan warga melakukan penyisiran ke rumah-rumah penduduk, dan melakukan evakuasi terhadap para lansia dan anak-anak ke tempat yang lebih aman,” ungkapnya.

Sementara hingga saat ini, petugas dan warga masih melakukan evakuasi. “Tidak ada laporan korban jiwa dalam musibah ini. Sementara kami ungsikan warga terlebih dahulu sampai air surut,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sokawera, Kecamatan Somagede, Karman mengungkapkan, banjir serupa akibat meluapnya Sungao Serayu pernah terjadi pada tahun 2000 lalu.

“Kejadian banjir dulu pernah terjadi sekitar tahun 2000, kejadiannya seperti ini. Penyebabnya sama, yaitu akibat meluapnya Sungai Serayu,” ungkap Karman saat ditemui di lokasi terdampak banjir, Kamis (3/12/2020).

Karman menceritakan, air luapan Sungai Serayu mulai masuk ke permukiman warga di wilayah Dusun II atau Grumbul Bonjok sekitar pukul 04.00 WIB.

BACA JUGA:  Gubernur Banten Soal Penunjukan Langsung Rp 2,5 M : Sesuai Prosedur

“Kejadiannya tadi pagi, air langsung masuk ke permukiman warga. Sebetulnya air yang arusnya deras dari arah sebelah timur sana, dari Sungai Serayu,” jelas Karman.***