Bonnie Triyana: Petugas KPPS Tangsel Bagikan Bingkisan Paslon Nomor 3 di Masa Tenang, Tolong Bawaslu Tangsel

120
Bonnie Triyana: Petugas KPPS Tangsel Bagikan Bingkisan Paslon Nomor 3 di Masa Tenang, Tolong Bawaslu Tangsel
Bingkisan Untuk Bonnie Ft Istw
Tangsel, banten.indeksnews.com – Bonnie Triyana .Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Tangerang Selatan (Tangsel) membagikan formulir C-6 atau surat panggilan pemilih. Namun, dalam surat tersebut juga disertakan bingkisan dari pasangan calon walikota nomor urut tiga Benyamin Davnie- Pilar Saga Ichsan. Benyamin-Pilar diketahui sebagai calon petahana.

Hal ini terungkap dari pengakuan sejarahwan Bonnie Triyana yang mengaku memergoki petugas KPPS membagikan bingkisan tersebut. Bonnie juga meminta agar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tangsel segera mengusut tuntas.

“Barusan dikasih formulir c untuk ikut pemilih dalam Pilkada Tangerang Selatan. Yang bagiin nitip bingkisan sambil bilang “ini ada titipan dari pak Benyamin.” Saya tinggal di Residence One, BSD. Tolong @BawasluTangsel bertindak,” kata Bonnie Triyana , dalam cuitan twitter pribadinya @BonnieTriyana, Minggu 6 Desember 2020.

twitter pribadinya @BonnieTriyana ft sc
twitter pribadinya @BonnieTriyana ft sc

“Pembagian formulir c jadi tanggungjawab KPPS. Apa urusannya KPPS bagiin formulir c sambil kasih bingkisan propaganda. Benyamin adalah wakil walikota petahana, sedangkan calon wakilnya dalam pilkada Tangsel ini adalah Pilar, anaknya bupati Serang Tatu Chasanah, keponakan Atut,” sambung Bonnie.

Menanggapi hal ini, aktivis anti korupsi Ade Irawan menilai praktik kecurangan tersebut sangat merusak demokrasi. Bahkan pembodohan, dan mencederai persaingan yang adil.

“Dan tentu saja pelanggaran aturan main pemilu: kampanye di masa tenang dan netralitas penyelenggara,” katanya.

Untuk itu, ia meminta agar petugas KPPS tersebut segera ditindak. Selain itu juga harus ditelursi lebih jauh apakah ini hanya kasuistis atau sistematis dengan melibatkan penyelenggara yang lain.

“Sudah tentu sanksi yang tegas bagi pelaku termasuk yang memerintahkan anggota KPPS, agar ada efek jera,” tandasnya.

Pilkada Tangsel saat ini diikuti oleh tiga pasangan calon. Selain Benyamin-Pilar, ada pasangan Azizah-Ruhama dan Muhamad-Saraswati yang akan bertarung pada 9 Desember mendatang.

BACA JUGA:  Survei Indikator: Pro Prabowo di 2019 Cenderung Tak Percaya Vaksin COVID-19