1,2 Juta Vaksin Corona Sinovac Tiba, RI Lanjut Minta Vaksin Corona ke Swiss

62
1,2 Juta Vaksin Corona Sinovac Tiba, RI Lanjut Minta Vaksin Corona ke Swiss
Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi ft istw
JAKARTA,banten.indeksnews.com – Sebanyak `1,2 juta vaksin Corona (COVID-19) Sinovac dari China telah tiba di Indonesia. Tak hanya vaksin dari Sinovac, pemerintah juga tengah meminta bantuan vaksin dari Jenewa, Swiss.

“Selain kerja sama bilateral, saat ini bersama Kementerian Kesehatan dan Kementerian Keuangan, Kementerian Luar Negeri sedang melakukan komunikasi dengan Jenewa untuk pengadaan vaksin multilateral, setelah 1,2 juta vaksin Corona (COVID-19) Sinovac Tiba di indonesia,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi dalam konferensi pers daring lewat kanal YouTube, Kemkominfo TV, Senin (7/12/2020).

Setelah 1,2 juta Vaksin corona sinovac RI jalin kerjasama dengan Swiss yaitu Gavi COVAX Facility, selaku institusi multilateral yang mengadakan proyek vaksi virus Corona. COVAX merupakan pilar dari program Percepatan Akses untuk Peralatan COVID-19 (Acces to COVID-19 Tools/ACT) yang dipimpin oleh Gavi, Koalisi untuk Kesiapan Inovasi Epidemi (CEPI), dan WHO.

“Indonesia termasuk 1 dari 92 negara COVID AMC (Advanced Market Commitment) yang akan memperoleh 3 sampai 20% dari penduduk yang bersal dari Gavi COVAX Facility,” kata Retno menyebutkan hak yang diterima Indonesia terhadap vaksin produk kerja sama multilateral di Jenewa itu.

Vaksin multilateral ini rencananya akan masuk secara bertahap ke Indonesia mulai 2021, dimana prosesnya akan mulai dilakukan hari ini. Dalam rangka permintaan vaksin, Indonesia melengkapi persyarakat administrasi ke Gavi COVAX Facility. Dimana proses administrasi itu berbentuk pengiriman surat vaccine request form ke Gavi COVAX Facility.

“Pengiriman dilakukan hari ini 7 Desember sesuai tenggat waktu yang ditentukan. Selain itu masih ada tahapan sampai akhir 2020,” kata Retno.

Jika nanti vaksin itu datang, maka vaksin itu akan melengkapi vaksin lain yang juga diterapkan untuk masyarkat Indonesia. Terlebih, vaksin Corona Sinovac dari China juga baru tiba di tanah air kemarin.

BACA JUGA:  Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal Pedagang Bringharjo, Harap Pariwisata di Yogyakarta Bangkit

Vaksin Sinovac tiba di Indonesia dengan diangkut pesawat Garuda dan mendarat di Bandung, Minggu (6/12) kemarin. Saat ini, vaksin itu disimpan oleh PT Bio Farma dan akan diuji terlebih dahulu oleh BPOM dan MUI.