Korupsi Bansos dan Masyarakat di Cimahi Terima Paket Bansos Covid-19 Berisi Sembako Busuk

69
Korupsi Bansos dan Masyarakat di Cimahi Terima Paket Bansos Covid-19 Berisi Sembako Busuk
Dugaan korupsi yang melibatkan Menteri Sosial, Juliari P Batubara dilakukan dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) Covid-19 yang notabenenya merupakan dana penanggulangan bencana.

Setelah penyidik KPK melakukan pemeriksaan dan pengumpulan alat bukti, maka penyidik menyimpulkan, JPB telah melakukan tindak pidana korupsi.

Sebagaimana termaktub dalam Pasal 2 Ayat 2 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Pemberantasan Korupsi, korupsi dalam pengelolaan keadaan tertentu, termasuk bencana, dapat dijatuhi pidana mati.

“Kita juga paham pandemi Covid-19 ini telah dinyatakan oleh pemerintah sebagai bencana nonalam. Sehingga kami tidak berhenti sampai di sini,” ujar Ketua KPK Firli Bahuri dalam konferensi pers secara daring pada Minggu (6/12/2020).

“Tentu kami akan bekerja berdasarkan saksi dan bukti-bukti apakah bisa masuk Pasal 2 UU Nomor 31 Tahun 1999 tersebut,” tuturnya.

Sementara di Cimahi pihak Kepolisian melakukan penyelidikan dalam kasus korupsi dana bantuan sosial (bansos) sembako busuk yang dibagikan kepada masyarakat di Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada 23 April 2020.

Sebelumnya, Kanit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cimahi Iptu Herman Saputra telah memanggil beberapa saksi dari warga dan aparat kewilayahan tersebut.

“Masih pendalaman. Masih penyelidikan, ” ujar Herman seperti dilensir Tribun Jabar, Minggu (6/12/2020).

Menurut Herman, meskipun kasusnya belum sampai tahap penyidikan, terbaru ini pihaknya sudah memanggil dari dinas terkait, namun dirinya enggan menyebutkan dari dinas mana.

“Iya (dinas ada yang dipanggil),” tambahnya.

Sementara itu, kasus bansos sembako busuk berawal saat warga di Citapen, Kecamatan Cihampelas, Bandung Barat mengadu kepada aparat wilayah tersebut menemukan sembako berupa satu paket ayam dalam keadaan busuk.

Lalu, personel Unit Tipikor Satreskrim Polres Cimahi melakukan pengumpulan dan menyambangi lokasi tersebut.***

BACA JUGA:  Kemenkumham Banten Gelar Sosialisasi Tingkat Maturitas SPIP Dan Manajement Risiko Bersama BPKP Banten dan Itjen