Mandalika MotoGP, siap pertengahan 2021

93
Mandalika MotoGP, siap pertengahan 2021
MANDALIKA MOTO GP ft Istw
NTB, banten.indeksnews.com – Mandalika MotoGP. Sejumlah fasilitas penunjang untuk mendukung penyelenggaraan event internasional MGP tahun 2021 di Mandalika, Lombok Tengah, NTB siap beroperasi pada Juli 2021.

Fasilitas Mandalika MotoGP itu berupa perluasan terminal, pengembangan fasilitas kargo, dan perpanjangan landas pacu atau runway di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid.

Deputi I Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Febry C. Tetelepta menyatakan ada sejumlah infrastruktur di Mandalika MotoGP yang tetap harus dikebut.

“Semuanya harus rampung, MGP Mandalika harus kita sukseskan bersama,” ujar Febry dalam siaran pers KSP, di Jakarta, Kamis (10/12).

Sementara, jalan bypass dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid hingga KEK Mandalika sepanjang 17 Kilometer harus tuntas pada Agustus 2021.

Pemerintah pusat, kata Febry, akan terus mengawasi secara langsung perkembangan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika hingga bisa tepat waktu.

“Pada awal November kemarin kami melakukan kunjungan untuk monitoring dan evaluasi untuk memastikan proyek ini berjalan secara baik,” ujar Febry.

Dalam kunjungan tersebut realisasi pembangunan Jalan Kawasan Khusus (JKK) atau sirkuit berjalan di atas target.

Beberapa infrastruktur yang sudah terbangun di kawasan ini adalah jalan ruas barat, Masjid, Kuta Beach Park, pusat pengawasan area pantai atau Balawista, Bazaar Mandalika dan sentra parkir yang akan menjadi etalase UMKM NTB.

Sedangkan untuk pembebasan lahan ditargetkan seleesai dalam waktu dekat.

Peluang Mandalika . Ceko memutuskan keluar dari kalender MotoGP 2021. Keputusan ini membuka peluang bagi tiga seri cadangan, termasuk MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika.

Ceko memutuskan mundur karena tak punya uang untuk merenovasi lintasan sirkuit Brno. Proses renovasi itu diperkirakan bakal menelan biaya hingga 4 juta euro.

BACA JUGA:  DPC Diaga Muda Indonesia Sukabumi, Kecam dan Tolak Radikal Anarkisme Teroris di Sukabumi

Dana sebesar diakui Wali Kota Brno Marketa Vankova sulit untuk disediakan. Apalagi, pemerintah di sana sudah menyalurkan dana besar untuk penanganan pandemi Covid-19.

Keputusan Ceko mundur otomatis mengubah komposisi seri MotoGP 2021. Sesuai kalender sementara akan ada 20 seri balap dan tiga sirkuit cadangan di MotoGP 2021.

Seri cadangan itu adalah Indonesia, Portugal, dan Rusia. Ketiga seri ini bisa masuk dalam kalender apabila terjadi perubahan komposisi sirkuit di tengah pandemi Covid-19.