Basarnas Cilacap siagakan 30 personel untuk Siaga SAR Khusus Nataru

132
Basarnas Cilacap siagakan 30 personel untuk Siaga SAR Khusus Nataru
Siaga SAR Nataru diawali dengan apel gelar pasukan yang dilaksanakan di halaman Kantor Basarnas Cilacap Ft ISTW
CILACAP, banten.indeksnews.com –Basarnas Cilacap  Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan menggelar Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru Dalam rangka mengamankan dan memberi rasa nyaman kepada masyarakat, terutama yang merayakan Natal 2020 dan Tahun Baru (nataru) 2021 Jumat (18/12).

I Nyoman Sidakarya Selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Cilacap mengatakan, pelaksanaan siaga SAR Khusus Nataru akan dimulai dari tanggal 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

Siaga SAR Nataru diawali dengan apel gelar pasukan yang dilaksanakan di halaman Kantor Basarnas Cilacap  Pada Jumat Pagi (18/12) Pukul 08.00 Wib

I Nyoman Sidakarya selaku Kepala Basarnas bertindak sebagai pimpinan apel dan diikuti seluruh personil.

Kepala Basarnas Cilacap dalam amanatnya menekankan kepada seluruh petugas Siaga SAR Khusus Nataru ini, agar aktif berkoordinasi dan bersinergi dengan potensi SAR terkait.

I Nyoman juga meminta seluruh personil dan potensi SAR agar selalu menjaga nama baik organisasi, mengikuti prosedur yang ada, “tunjukan bahwa kita bekerja secara profesional, sinergi dan militan, utamakan faktor keselamatan dalam pelayanan SAR bagi petugas dan masyarakat serta jangan kendor dengan Protokol Kesehatan terkait pandemi covid-19,” pesan Nyoman mengutip amanat Kepala Basarnas Pusat.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah performance petugas Basarnas dan alut, kesiapan dan kebersihan kendaraan serta peralatannya, merupakan salah satu faktor yang menunjang kewibawaan dan performance Basarnas, sehingga lebih meyakinkan penilaian masyarakat terhadap kesiapsiagaan pelayanan SAR.

Dalam pernyataannya, Kepala Basarnas Cilacap menyebutkan, dalam Siaga SAR Khusus Nataru, Basarnas Cilacap menyiagakan 30 personil yang ditempatkan di Cilacap dan Rencana kita tempatkan Posko di Pantai Teluk Penyu Cilacap dan kita Siagakan Personil di tempat penyeberangan pelabuhan rakyat.

BACA JUGA:  ST Burhanuddin Jaksa Agung Akan Usut Laporan Skandal Impor Emas Rp 47,1 T

“Selain kita Siaga Nataru juga kita Siagakan Operasi apabila ada laporan masyarakat yang membutuhkan jasa di bidang SAR,” kata Nyoman .

Titik fokus siaga pada tahun ini sama seperti tahun sebelumnya di mana berkonsentrasi pada transportasi mudik Nataru, seperti Bandar udara Tunggul Wulung, Pelabuhan Rakyat dan tempat wisata yang ada di Cilacap.

Dalam Siaga SAR Khusus Nataru, Alut dan Palsar yang disiagakan antara lain 3 Unit RIB yang kita Stanbykan di Pelabuhan Sleko, 5 Unit Mobil Rescue, 2 Unit Rescue Truck, 5 Perahu karet serta peralatan evakuasi.