Kedubes Jerman : Kami Mitra Indonesia, Soal Datangi Markas FPI

139
Kedubes Jerman : Kami Mitra Indonesia, Soal Datangi Markas FPI
staf Kedutaan besar Jerman yang datang berkunjung ke Sekretariat DPP FPI FT ISTW
JAKARTA, banten.indeksnews.com – Kedubes Jerman tak menampik jika ada diplomatnya yang datang ke markas FPI. Menanggapi hal itu, Kedubes Jerman memastikan tak ada niat politis apa pun dalam kunjungan tersebut.

Sebagaiamana dalam keterangan tertulisnya, Kedubes Jerman menyebut aksi demontrasi sempat terjadi di sekitar gedung kedutaan. Dengan begitu, Kedubes Jerman merasa perlu memastikan kondisi. Siap menjamin tak ada niatan apa pun terkait hal itu, Kedubes Jerman menyesalkan adanya kesan yang timbul imbas dari kunjungan tersebut.

“Kedubes Jerman menyesalkan kesan yang ditimbulkan atas insiden tersebut, baik kepada publik maupun mitra kami di Indonesia. Kami menjamin tidak ada niat politik apa pun dalam kunjungan tersebut,” demikian keterangan tertulis Kedutaan Besar Jerman , Minggu (20/12/2020).

Lebih lanjut, Kedutaan besar Jerman memastikan masih terus menjalin komunikasi dengan otoritas Indonesia, Kedutaan besar Jerman juga memastikan pihaknya akan selalu berada di sisi pemerintah Indonesia.

“Dan kami yakin bahwa kami akan dapat mengklarifikasi ini dengan cara yang bisa dipahami oleh semua pihak. Kami tetap berada di sisi mitra Indonesia kami,” lanjut pernyataan tersebut.

Sekedar diketahui, FPI sebelumnya mengaku telah didatangi pihak kedutaan besar Jerman untuk Republik Indonesia. FPI menyebut pihak Jerman turut berduka atas tewasnya enam anggota FPI pengawal Habib Rizieq.

“Dari Kedutaan Jerman sudah datang ke Sekretariat FPI,” kata Sekretaris Umum FPI Munarman dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (19/12).

Menurutnya, ada dua orang pihak staf Kedutaan besar Jerman yang datang berkunjung ke Sekretariat DPP FPI, di Petamburan, Jakarta Pusat, Kamis (17/12) lalu. “Dari pihak Kedubes Jerman menyampaikan turut berdukacita dan belasungkawa atas kejadian dibunuhnya enam syuhada,” kata Munarman.

BACA JUGA:  Yardin Zulkarnain: PT. PITS Kandidat Untuk Komisaris Ada Pemikirannya sangat Cerdas Dan Ada Kandidat Keuangan Ada Yang Sangat Religius.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) juga telah menindak lanjuti klaim FPI itu dengan memanggil pihak Kedutaan besar Jerman. Kemlu menyebut pihaknya telah menggelar pertemuan sore tadi.

“Dirjen Amerop Kemlu atas instruksi Ibu Menlu telah memanggil ke Kemlu Kuasa Usaha Ad Interim Kedubes Jerman,” kata juru bicara Kemlu Teuku Faizasyah melalui pesan singkat, Minggu (20/12/2020).

Kedutaan Besar Jerman menyesalkan kesan yang ditimbulkan atas insiden tersebut, baik kepada publik maupun mitra kami di Indonesia. Kami menjamin tidak ada niat politik apa pun dalam kunjungan tersebut