Niluh Djelantik Komentar tentang Wisata Halal Sandiaga

222
Niluh Djelantik Komentar tentang Wisata Halal Sandiaga
Niluh Djelantik Pegiat industri kreatif asal Bali Ft istw
JAKARTA, banten.indeksnews.com – Niluh Djelantik Pegiat industri kreatif asal Bali mengatakan bahwa dirinya menolak wacana wisata halal yang diungkapkan Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

“Ingat mas menteri. Kami menolak wacana Wisata Halal dan Program Oke Oce. Pantai akan terus berbikini dan babi guling tetap jadi andalan kami. Arak dan Tuak akan tetap jadi minuman favorit kami,” tegas Niluh Djelantik dalam keterangan tertulisnya di akun Instagram pribadinya @niluhdjelantik, Minggu (27/12).

Niluh Djelantik mengatakan bahwa wisata Bali telah mendunia sejak lama, dan pariwisata yang menjadi andalan Indonesia adalah 70 persennya Bali. Dia menyarankan agar pemerintah memanfaatkan teknologi sebagai sumber informasi destinasi yang diminati wisatawan.

“Ingat masukanku tentang bikin sistem IT yang bagus. Bikin kayak Google map. Jadikan teknologi sumber informasi destinasi yang wisatawan inginkan. Direktori tempat ibadah. Tempat makan. Tempat belanja. Tempat berenang pake bikini. Tempat nongkrong. Tempat Yoga. Anything. Indonesia itu besar. Potensinya juga sangat besar. Fokus di SDM nya,” jelas Niluh.

“Gak perlu bawa wacana halal haram disini,” imbuhnya.

Menurut Dia, Menparekraf dimasa sulit akibat pandemic Covid-19 ini mempunyai posisi yang krusial, dan dibutuhkan ide yang cemerlang tanpa mengkotak-kotakkan.

“Duduk bersama pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di 34 propinsi. Tak cukup hanya dengan kepala dinas saja,” katanya.

Dia juga menyingung terkait anggaran Kementerian, menurutnya, anggaran yang sebesar Rp. 4,9 Trilyun harus digunakan dengan bijak untuk pemulihan pariwisata fokus dan pada Experience Destination ( manjakan wisatawan domestik ).

“Quality tourism berbasis budaya kearifan lokal. Pemberdayaan SDM Ekonomi kreatif go digital,” jelas Dia.

Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Bali guna membahas wisata halal dan pengembangan destinasi wisata. Sandi mengatakan perlu adanya pertemuan dengan pihak terkait untuk membicarakan wisata halal tersebut.

BACA JUGA:  Jaksa Agung Burhanuddin: Pemulangan Adelin Lis Berkat Sinergitas RI-Singapura

“Nanti kita akan bicarakan (soal wisata halal) nanti pada rencana kita duduk bersama-sama wartawan, rekan-rekan media, kalau tidak salah dijadwalkan besok, nanti akan disampaikan. Kita bersabar dulu,” kata Sandiaga Uno, Minggu (27/12).