Penyakit Asam Urat Datang Tiba-Tiba, Turunkan Dengan Makanan Ini

243
Penyakit asam urat Datang Tiba-Tiba, Turunkan Dengan Makanan Ini
foto ilustrasi
Jakarta – Pengidap penyakit asam urat bisa mengalami gejala kronis akibat serangan asam urat berulang yang terjadi dalam kurun waktu yang lama.

Nyeri pada asam urat umumnya terjadi pada jempol kaki, lutut, atau pergelangan kaki. Umumnya nyeri ini terasa makin parah saat malam hari. Tidak hanya itu, beberapa pengidap asam urat akut juga mengalami demam selama nyeri menyerang. Gejala seperti yang disebutkan tadi memang mengganggu aktivitas, dan penyakit asam urat ini bisa terjadi karena beberapa hal yang diabaikan.

Penyebab Utama Penyakit Asam Urat

Beberapa hal sepele yang bisa sebabkan penyakit asam urat, antara lain:

– Makanan dan Minuman. Ini merupakan penyebab utama penyakit asam urat yang kerap kamu sepelekan. Saat kamu konsumsi makanan yang memiliki kadar purin tinggi seperti jeroan (hati, ampela, paru, usus), makanan laut (kepiting, kerang, udang, cumi) dan daging merah, risiko asam urat akan meningkat. Selain jenis makanan tersebut, minuman manis dan alkohol juga menyebabkan peningkatan asam urat.

– Obat-obatan. Penyebab asam urat yang lain adalah mengonsumsi obat tertentu. Beberapa jenis obat-obatan mampu sebabkan peningkatan asam urat, misalnya obat diuretik (obat yang berfungsi untuk membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh) serta aspirin. Tidak hanya itu, proses penyembuhan cidera atau operasi, serta kondisi medis tertentu bisa sebabkan asam urat.

– Kelebihan berat badan. Penyebab asam urat selanjutnya adalah kelebihan berat badan. Hal ini bisa membuat tubuh memproduksi lebih banyak asam urat, sehingga kadarnya bisa melonjak di dalam tubuh. Kondisi ini bisa membuat ginjal mengalami kesulitan untuk membuang asam urat dari dalam tubuh.

– Memiliki Riwayat pada Keluarga. Ini merupakan penyebab yang sering diwaspadai juga. Apabila ada salah satu atau beberapa anggota keluarga memiliki riwayat asam urat, maka risiko kamu mengalami masalah ini jadi meningkat.

BACA JUGA:  Pangdam Jaya Laksanakan Peninjauan Di RSD Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran

Berikut makanan untuk menurunkan penyakit asam urat.

1. Teh Hijau

Teh hijau terbilang ampuh untuk menurunkan kadar asam urat. Mau bukti? Ada studi US National Library of Medicine – National Institutes of Health, mengenai khasiat teh hijau terhadap kadar asam urat tubuh.

Studi ini mengatakan teh hijau kaya akan antioksidan bernama katekin. Nah, senyawa inilah yang mampu memghambat produksi asam urat dalam tubuh. Di samping itu, teh hijau juga bisa mengeluarkan kristal asam urat dan meluruhkan batu dalam ginjal.

2. Berries dan Apel

Makanan untuk pengidap asam urat lainnya adalah berries dan apel. Janga lupa, asam urat bisa meyebabkan peradangan pada sendi hingga menimbulkan rasa nyeri. Nah, buah berries terutama stroberi dan blueberry memiliki sifat antiinflamasi yang tinggi. Sifat antiinflamasi inilah yang bisa mengendalikan peradangan (inflamasi) pada sendi.

Bagaimana dengan apel? Buah yang satu ini kaya malid acid yang baik bagi pengidap asam urat. Bila dikonsumsi secara rutin, malid acid di dalam apel dapat membantu menetralisir asam urat. Menariknya lagi, apel juga bisa mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan ketika asam urat kambuh.

3. Buah-buahan yang Kaya Vitamin C

Vitamin C bukan cuma menyoal sistem imun dan antioksidan saja. Ternyata vitamin C juga mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Kok bisa?

Cara kerja vitamin C terhadap asam urat cukup simpel. Ketika vitamin C masuk ke dalam tubuh, secara alami vitamin C akan membantu proses pengeluaran asam urat berlebih lewat urine.

4. Ikan Salmon

Selain dua makanan di atas, ikan salmon juga masuk ke dalam makanan yang bisa menurunkan asam urat. Ingat, ikat salmon bukan ikan lainnya. Sebab, beberapa ikan cenderung mengandung tinggi purin. Lain ceritanya dengan ikan salmon.

BACA JUGA:  RSDC Wisma Atlet Kemayoran Rawat 5.812 Pasien Covid-19, Nyaris Penuh

Menurut penelitian, omega-3 dalam salmon mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Menariknya lagi, jenis ikan rendah asam lemak jenuh, seperti salmon bisa menurunkan asam urat maupun kolesterol dalam tubuh.

5. Kacang Pinto dan Kuaci

Kacang-kacangan seperti pinto dan kuaci merupakan makanan yang bisa dimanfaatkan

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Asam Urat?

Sayangnya belum ada obat asam urat yang bisa membuat seseorang benar-benar sembuh dari penyakit ini. Meski begitu, terdapat beberapa jenis obat yang mampu mengendalikan dan meringankan gejala yang muncul, antara lain:

– Non-steroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) untuk mengobati serangan asam urat mendadak dan parah. Jenis obat ini antara lain ibuprofen, naproxen, diclofenac, dan etoricoxib.

– Steroid bisa digunakan sebagai obat asam urat alternatif selain NSAID. Obat jenis ini tersedia dalam bentuk oral maupun suntikan yang bisa langsung dimasukkan ke persendian.

– Colchicine membantu mengurangi risiko kekambuhan. Dokter bisa meresepkan obat asam urat ini, bila NSAID tidak cocok. Pada beberapa kasus, obat ini dapat memberikan efek samping seperti diare, mual, dan kram perut.

– Obat yang mengontrol tingkat asam urat dalam darah seperti allopurinol, probenesid, dan febuxostat.

untuk menurunkan penyakit asam urat. Kacang pinto banyak mengandung asam folat yang dipercaya efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami. Sama halnya dengan kuaci atau biji bunga matahari, makanan ini juga kaya akan asam folat.