Tak perlu Kuatir Penghentian Rekretmen CPNS Guru 2021 Hanya Bersifat Sementara

280
Tak perlu Kuatir Penghentian Rekretmen CPNS Guru 2021 Hanya Bersifat Sementara
foto ilustrasi
Penghentian rekrutmen CPNS guru disebabkan adanya regulasi PPPK yaitu PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK, Perpres Nomor 38 Tahun 2020 tentang Jabatan yang Dapat Diisi PPPK, dan Perpres Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK.

Formasi guru akan dibuka melalui jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pelaksana tugas (Plt) Deputi bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Teguh Widjinarko, menyatakan, perekrutan guru melalui jalur tersebut hanya bersifat jangka pendek.

“Kebutuhan satu juta PPPK tahun 2021 pada dasarnya adalah untuk menyelesaikan permasalahan tenaga honorer guru yang jumlahnya sangat banyak. Ini merupakan penyelesaian jangka pendek,” kata Teguh, seperti dilensir Kompas.com, Selasa (5/1/2021).

Menurut dia, penerimaan formasi guru melalui jalur PPPK tidak akan berlangsung lama.

“Pemerintah tidak menutup kemungkinan untuk membuka formasi CPNS guru. Karena memang dalam jangka panjang diperlukan guru-guru PNS yang diharapkan terus mendorong peningkatkan kualitas pendidikan,” kata dia.

Bahkan lanjut Teguh, guru yang sebelumnya telah berstatus PPPK berpeluang menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Asalkan, memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan.

“Bisa juga sesuai dengan pertimbangan atau rekomendasi dari instansi pembina dan kebutuhan dari pemerintah daerah,” ujarnya.

Sebagai informasi, penerimaan formasi guru khusus untuk PPPK merupakan kesepakatan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri PAN-RB, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Rencananya, pendaftaran CPNS ataupun PPPK diharapkan bisa terlaksana pada bulan April-Mei 2021.

Khusus untuk seleksi guru PPPK akan dilaksanakan sebanyak tiga kali yang rencananya berlangsung dalam kurun waktu sepanjang tahun 2021.***

BACA JUGA:  Ibu Kandung Wartawan disiram Air Keras di Medan, Minta Tangkap Otak dan Dalangnya
Artikel sebelumyaRekrutmen CPNS Guru 2021 Dihentikan, Mimpi Buruk Bagi Guru Honorer
Artikel berikutnyaKeampuhan Gasing Tengkorak Untuk Menundukkan Hati Orang Yang Dicintai