4 Bahan Alami Untuk Hilangkan Jerawat Pada Muka Dengan Cepat

471
4 Bahan Alami Untuk Hilangkan Jerawat Pada Muka Dengan Cepat
Jerawat sebenarnya akan hilang dengan sendirinya beberapa hari hingga beberapa minggu. Namun untuk membantu mempercepat prosesnya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba.

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering terjadi. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan menurunkan kepercayaan diri. Berbagai cara mengatasi jerawat bisa dilakukan, mulai dari cara alami hingga melakukan perawatan kulit ke dokter.

Penyebab Jerawat

Sebelum menginjak ke pembahasan yang lebih lanjut, hal pertama yang harus Anda ketahui mengenai masalah jerawat pada kulit adalah penyebabnya. Ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan tumbuhnya jerawat pada kulit. Berikut penyebab jerawat yang paling umum terjadi:

– Adanya perubahan hormon
– Masa pubertas
– Perawatan kulit yang salah
– Malas mencuci muka atau justru terlalu sering mencuci muka
– Faktor keturunan
– Penggunaan kosmetik yang salah
– Efek penggunaan obat-obatan tertentu
– Stres
– Paparan debu dan polusi, dan lainnya.

Mengingat ada banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan jerawat itu muncul. Tentu Anda bisa mengambil beberapa solusi untuk menghilangkan jerawat pada kulit. Untuk itu, berikut cara menghilangkan jerawat membandel pada kulit secara alami:

Cara Menghilangkan Jerawat

Ada beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menuntaskan masalah jerawat pada kulit.

Berikut cara untuk menghilangkan jerawat di kulit secara alami:

Selain rutin melakukan perawatan kulit yang benar, Anda juga bisa mengatasi jerawat secara alami dengan bahan-bahan berikut ini:

1. Es batu

Es mampu  membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Caranya, bungkus es dengan kain bersih, tempelkan pada kulit yang berjerawat selama satu menit. Cara ini akan mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat Anda.

BACA JUGA:  Tinjau Vaksinasi Buruh, Kapolri Harap Pertumbuhan Ekonomi Membaik

2. Putih telur

Putih telur tidak hanya membantu mengurangi peradangan pada jerawat, tetapi juga mampu mengencangkan kulit dan mengontrol produksi minyak pada kulit. Untuk memanfaatkan putih telur sebagai masker jerawat, Anda cukup mengoleskan putih telur ke  area yang berjerawat, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

3. Madu

Cara menghilangkan jerawat secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan masker madu. Madu dapat menjaga bakteri baik yang ada di kulit sekaligus mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Untuk memanfaatkan madu sebagai masker jerawat, campurkan 3 sendok makan madu  dengan satu sendok makan kayu manis. Lalu masukkan ke dalam microwave selama 30 detik dan diamkan sebentar. Setelah tidak terlalu panas, oleskan masker pada wajah secara merata. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

4. Mentimun

Selain dapat mengatasi mata bengkak, mentimun juga dapat membantu mengurangi pembengkakan, peradangan pada jerawat, dan memberikan efek dingin pada kulit wajah.

Agar perawatan yang dijalani membuahkan hasil yang maksimal, perbaiki juga pola hidup dengan menerapkan pola makan sehat, istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, dan menghindari stres.

Selain bahan alami tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan bahan lain, seperti kentang dan bawang putih untuk mengatasi jerawat. Namun pastikan bahan-bahan yang digunakan dalam keadaan bersih.

 

Artikel sebelumya6 Cara Membuat Alis Mata Anda Terlihat Sempurna
Artikel berikutnyaHajar Pencuri Hingga Tewas, Pemilik Rumah dan Satpam Terancam Penjara