Kepala BNPB Berharap Warga di Daerah Longsor Sumedang Mau Direlokasi

197
Kepala BNPB Berharap Warga di Daerah Longsor Sumedang Mau Direlokasi
Kepala BNPB Letjen Doni Monardo di Kabupaten Sumedang Jawa Barat ft istw
BANDUNG, banten.indeksnews.com- Kepala BNPB Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo berharap warga yang tinggal di sekitar daerah yang pada Sabtu (9/1) longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, mau direlokasi.

“Kami harapkan ada kesadaran masyarakat diwilayah lokasi bencana untuk bersedia direlokasi,” kata Doni Kepala BNPB saat meninjau daerah yang terdampak tebing longsor di Desa Cihanjuang, Minggu (10/1).

Kepala BNPB mengemukakan bahwa warga yang tinggal di daerah tersebut baiknya pindah ke tempat lain yang lebih aman dari bencana alam.

“Kalau kawasan itu sudah diputuskan zona merah, masyarakat harus ikhlas melepaskan rumah dan tanahnya untuk direlokasi di tempat yang baru,” katanya.

Doni mengatakan bahwa saat ini ada sekitar 150 orang yang sudah dievakuasi dari daerah terdampak longsor ke posko pengungsian.

Diketahui, Letjen Doni Monardo tiba di lokasi bencana longsor Kabupaten Sumedang Jawa Barat, Minggu (10/1) pukul 10.30 menggunakan helikopter. Doni didampingi Deputi BNPB Dody Ruswandi, Liliek Kurniawan, Tenaga Ahli BNPB Egy Massadiah, Koorspri Kolonel Budi Irawan dan Direktur Darurat BNPB Jarwansah. Helikopter Kepala BNPB mendarat di Brimob Sumedang.

Sebanyak 11 warga di Desa Cihanjuang, Sumedang, Jawa Barat, tewas dalam bencana tanah longsor yang terjadi pada Sabtu malam (9/1).

Danramil Kecamatan Cimanggung Kapt Inf Setio Pribadi dan Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumedang turut menjadi korban.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati, Minggu (10/1/2021), mengatakan, longsoran per tama dipicu curah hujan tinggi dan kondisi tanah tidak stabil. Longsor susulan terjadi pada saat petugas masih melakukan evakuasi korban di sekitar area longsoran pertama.

BACA JUGA:  PPDB di Kabupaten Tangerang masih dilakukan secara offline

Bantuan Rp 1 Miliar

Kementerian Sosial (Kemensos) bertindak cepat membantu masyarakat korban tanah longsor di wilayah Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dengan menyalurkan bantuan Rp 1 miliar.

Selain menyalurkan bantuan, penanganan bencana ini juga bersinergi dengan unsur-unsur penanganan bencana lainnya seperti taruna siaga bencana (tagana) untuk evakuasi korban bencana longsor.