Tim Satgas BESTARI DLH Kabupaten Sukabumi, Sanksi Oknum Warga Pelanggar Perbup No 81 Tahun 2019

58
Satgas
FOTO DOKUMENTASI : Kabid Pengelolaan Sampah dan Kebersihan DLH Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska, saat melakukan edukasi kepada warga yang terjaring.
SUKABUMI,jawabarat.indeksnews.com_ Sejumlah oknum warga tertangkap basah Tim Satuan Tugas (Satgas) Pengelolaan Kebersihan Melalui Gerakan Sukabumi Bersih, Tertib dan Asri (BESTARI), karena melakukan pelanggaran membuang sampah di bukan tempatnya.

Informasi yang dihimpun, tertangkap basahnya oknum warga dalam Operasi Yustisi Tim Satgas BESTARI di Jalan Baru Sukaraja, Kp Cimahpar, Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (19/1/21).

“Hari ini kami bersama Tim Satgas BESTARI melakukan Operasi Yustisi dalam Penegakan Perbup No 81 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Kebersihan Melalui Gerakan Sukabumi BESTARI,” kata Denis Eriska Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat Whatsapp.

Satgas
Foto Dokumentasi : Tim Satgas BESTARI saat menangkap basah oknum warga yang membuang sampah bukan di tempatnya.

Denis menekankan, kepada oknum warga maupun secara umum, untuk menerapkan hidup sehat dan bersih, apalagi di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya, untuk tidak membuang sampah sembarang atau bukan di Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) yang sudah disediakan Pemerintah.

“Operasi ini sipatnya sosialisasi, adapun yang terjaring hari ini, Tim Satgas BESTARI yang didampingi unsur Satpol PP, Kecamatan Sukaraja, Mengenakan sanksi administratif terhadap pelanggaran pengelolaan sampah,” jelas Denis.

Selain itu, lanjut Denis, pelanggar juga diberikan pengarahan/edukasi oleh Tim Satgas BESTARI untuk tidak membuang sampah sembarangan dan selanjutnya menandatangan Surat Pernyataan yang dibubuhkan diatas materai, untuk tidak akan membuang sampah sembarangan diluar TPSS yang telah ditentukan/disediakan.

Satgas
Foto Dokumentasi.

“Sanksi kedua bersedia untuk menerima sanksi pidana atau denda sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” tandas Denis.

Daftar yang berhasil terjaring Tim Satgas BESTARI dalam Operasi Yustisi :

1. Andi Oktaria Dinanti (Kp. Neglasari Rt 01/03 Pasirhalang Sukaraja)
2. Cecep M. Arif (Desa Cipurut Kec. Cirenghas)
3. Iwa Alamsyah (Sudajaya Rt 05/03 Jayaraksa Baros)
4. Sadikin (Kp. Cimahpar Rt 01/02 Desa Pasirhalang Kec. Sukaraja)
5. Asep Sulaeman (Kp. Cirangkong Rt 06/03 Cikaret Kebonpedes)
6. Asima Herna Dewi (Perum Tando Pratama F2 Rt 02/13 Pasirhalang Sukaraja)
7. Andi Wawan (Kp. Gandasoli Rt 01/06 Cipurut Cireunghas)
8. Ali Suratman (Kp. Cibenteng Rt 02/03 Cipurut Cireunghas)
9. Dede Sukarma (Jl. Pembangunan Selakaso Rt 02/03 Kel. Babakan Kec. Cibeureum).
10. Ahmad Rivai Kp Jambe Nenggang Rt 01/03 Desa Jambe Nenggang Kec Kebonpedes.**