Gubernur Banten Wahidin Halim Siapkan Anggaran, Bantuan untuk Ponpes dan Santri Berikut Rincian

50
Gubernur Banten Wahidin Halim Siapkan Anggaran, Bantuan untuk Ponpes dan Santri Berikut Rincian
Secara simbolis bantuan tersebut diberikan Gubernur Banten Wahidin Halim kepada Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) ft istw
BANTEN, banten.indeksnews.com–  Gubernur Banten berikan bantuan Selain bantuan untuk anak sekolah dan mahasiswa di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pemerintah melalui Kementerian Agama juga menyiapkan bantuan pondok pesantren (Ponpes)dan Santri pada 2021.

Bantuan dari Gubernur Banten  untuk ponpes dan santri ini termasuk dalam program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN).

Secara simbolis bantuan tersebut diberikan Gubernur Banten Wahidin Halim saat acara pembukaan Rapat Kerja Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Provinsi Banten di Pendopo Lama pada Selasa, 19 Januari 2021.

Dilansir dari laman kemenag.go.id, pada tahun 2021 Kemenag menyiapkan sejumlah program dalam membantu penyelenggaraan pendidikan pesantren.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, program yang disebut dengan ‘Penguatan dan Pengembangan Pesantren’ tersebut mecakup beberapa hal yakni aspek akademik, kelembagaan, SDM, bahkan bantuan sarana prasarana.

“Dalam bentuk peningkatan sarana prasarana ini, kami (Kemenag) telah menyiapkan bantuan untuk 1.500 pesantren, 116 pendidikan diniyah formal, 130 satuan pendidikan muadalah, 70 madrasah diniyah takmiliyah, dan 140 pendidikan al-quran,” kata Menag Rabu 20 Januari 2021, di Jakarta.

“Selain itu, bantuan sarana prasarana lainnya yang kami (Kemenag) siapkan adalah dalam bentuk pembangunan gedung perpustakaan dan laboratorium bagi pesantren,” ujar Gus Yaqut.

Sementara itu, Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani menuturkan, pada tahun 2021 ini Kemenag siapkan anggaran insentif untuk ustaz pesantren sebesar Rp 250.000. Untuk bantuan yang disiapkan untuk santri, ada dua jenis bantuan.

mengalokasikan bantuan sebesar Rp161.680 miliar untuk Pondok Pesantren se-Provinsi Banten

Bantuan sebesar Rp161.680 miliar itu akan disalurkan ke 4.042 pondok pesantren, masing-masing mendapatkan bantuan sebesar Rp40 Juta.

BACA JUGA:  Herman Khaeron: Partai Demokrat Tegaskan Tidak Ada Alasan Mendasar Gelar KLB