KUB Kulawargi Dapat Dukungan Dari DKB Kab Sukabumi

87
KUB
FOTO DOKUMENTASI
SUKABUMI,jawabarat.indeksnews.com_ Keberadaan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kulawargi yang memproduksi es balok mendapatkan dukungan dan apresiasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sukabumi, di Kampung Pajagan, Kecamatan Cisolok, Jawa Barat.

PLt Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sri Padmoko mengatakan, keberadaan pabrik es balok yang dikelola oleh KUB Kulawargi tersebut sebelumnya sempat vakum atau terhenti. Namun setelah rapat bersama dan akhirnya pengelolaan oleh KUB seluruhnya.

“Setelah diaktifkan dan dipulihkan kembali, ternyata potensinya sangat tinggi dan para nelayan terbantu untuk kebutuhan es balok ini,” kata Sri Padmoko.

Saat ditanya apa peran dinas untuk pengelolaan pabrik es balok tersebut, Sri Padmoko menjelaskan, pihaknya akan terus mendorong dan mengoptimalkan produksi dan manajemen yang sudah berjalan.

“Kami hadir dan melakukan pembinaan dan pendampingan kepada KUB ini, sehingga kedepanya produksi ini berjalan meningkatkan ekonomi warga,” jelas Sri Padmoko.

Dikonfirmasi terpisah Pengurus KUB Kulawargi Pamayang Arkadeus Hamudin mengatakan, es balok ini memang KUB-nya di percaya oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi untuk mengelola pabrik es balok yang sempat terhenti.

”Kami berpikir keras dan berusaha bersama tim bagaimana menjalankan pabrik ini yang sebelumnya tertunda, upaya yang kami lakukan bisa mengaktifkan kembali kondisi dan biaya yang cukup besar, sehingga bisa memberikan pelayanan kepada nelayan di Cisolok dan Palabuhanratu,” katanya.

Kebutuhan es balok bagi nelayan sangat penting yang berdampak pada kualitas ikan itu sendiri, sehingga dengan produksi es balok ini, nelayan bisa mudah mendapatkan es dan ikannya pun terjamin saat hendak dijual.

“Ketika nelayan susah mencari ikan, sehingga kualitas ikan menjadi baik dan terbantu dengan es ini, ke depannya bulan Februari nanti masa panen ikan, nelayan bisa mudah mendapatkan. Untuk produksi es balok KUB kami dengan kapasitas 200 balok perhari, dengan hasil produksi pengolahan 170 es dalam satu hari,” pungkas dia.*