Unhan Laksanakan MoU dengan PT Bio Farma (Persero)

140
Unhan Laksanakan MoU dengan PT Bio Farma (Persero)
Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., ft istw
BOGOR, banten.indeksnews.com– Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., CIQnR, CIQaR., IPU menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir. Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait rencana kerja sama dengan PT. Bio Farma dalam bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. Bertempat di Ruang Tamu Rektor  Kampus Bela Negara Kawasan IPSC-Sentul Bogor. Senin, (25/01).

Rektor Unhan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kesediaannya untuk melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman dengan Unhan dalam rangka kerja sama di Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kerja sama ini juga merupakan bentuk pengabdian dan kepedulian dalam rangka ikut mencerdaskan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Nota kesepahaman ini secara yuridis formal adalah bentuk perikatan kerja sama yang didalamnya memuat klausul-klausul kerja sama agar masing-masing pihak memiliki dasar hukum didalam mengimplementasikan nota kesepahaman tersebut.

Indonesia dan dunia pada saat ini tengah menghadapi sebuah permasalahan besar, yaitu merebaknya virus corona yang telah masuk dalam strata pandemi yang menyebar ke 222 negara. Data WHO pada hari ini menunjukan sebuah angka keprihatinan dimana tercatat 2.112.169 orang meninggal dan 97.464.094 orang terkonfirmasi terpapar covid-19. Di indonesia sendiri menurut data satgas penanganan covid-19 tercatat 989.262 orang positif terpapar, dan yang berhasil di sembuhkan sebanyak 798.810 orang, dan meninggal dunia sebanyak 27.835 orang. Pendirian Fakultas Farmasi Militer yang berusia masih sangat muda ini, adalah wujud respon cepat Kemhan dalam menyikapi merebaknya virus corona. Oleh karenanya asistensi dari PT. Bio Farma sangat diperlukan dalam mengembangkan kapasitas dan kapabilitas Fakultas Farmasi Militer Unhan.

BACA JUGA:  ST Burhanuddin Jaksa Agung Akan Usut Laporan Skandal Impor Emas Rp 47,1 T
Direktur Utama PT Bio Farma Persero Honesti Basyir ft istw
Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir ft istw

Diharapkan nota kesepahaman ini hendaknya dapat diimplementasikan oleh Unhan dan PT Bio Farma (Persero) serta di tindak lanjuti dalam bentuk kegiatan kegiatan yang bersifat akademi, penelitian, pengabdian masyarakat dan peningkatan sumber daya manusia serta kegiatan kegiatan lain yang bermanfaat untuk kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. Selain itu kegiatan ini juga meningkatkan dan memanfaatkan potensi masing-masing secara optimal melalui Pendidikan, Penelitian,dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) juga mengucapan terima kasih kepada Universitas Pertahanan karena telah dipercaya untuk menjalin kerja sama MoU bersama PT Bio Farma (Persero). Rencana kegiatan yang dibahas di antaranya penyelenggaraan Pendidikan dan Penelitian, serta penyelenggaraan kegiatan ilmiah antara lain dalam bentuk penyelenggaraan program magang atau praktek kerja lapangan bagi mahasiswa/I, seminar, workshop, dan lokakarya, tukar menukar dan pemanfaatan data dan informasi, memberdayakan potensi, keahlian, dan fasilitas yang dimiliki masing-masing.

Kegiatan ini dihadiri Warek III Bid. Kerjasama dan Kelembagaan Universitas Pertahanan Laksda TNI Benny Rijanto Rudy S., M.B.A., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Unhan Mayjen TNI Susilo Adi Purwantoro, S.E., M.Eng.,Sc.,CIQnR., CIQaR, Dekan Fakultas Farmasi Militer Universitas Pertahanan Prof. Dr. apt. Yahdiana Harahap, M.S., Direktur Operasi PT. Bio Farma, Senior Executive Vice President (SEVP) Hc and Compliance PT. Bio Farma, Senior Executive Vice President (SEVP) Penelitian dan pengembangan PT. Bio Farma, jajaran staf PT. Bio Farma.