PN Cibadak Sukabumi Terima Berkas Gugatan Kepada PTPN VIII, Sebagai Penggugat PT. RIA

PN
FOTO ILUSTRASI : Gedung Pengadilan Negri (PN) Cibadak Kabupaten Sukabumi.
SUKABUMI,jawabarat.indeksnews.com_Pengadilan Negeri (PN) Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menerima berkas gugatan perkara kepada PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII yang dilakukan oleh PT. Rukhamah Indonesia Abadi (RIA), Gugatan perkara terkait penanaman buah lemon di wilayah Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi.

Dilansir dari jurnalsukabumi, kasus gugatan yang dilayangkan PT. Rukhamah Indonesia Abadi sendiri, tergugat I PT. Sari Buah Lestari (SBL) Sejahtera, tergugat II PT. PN VIII, tergugat III Yanyan Cahyana, tergugat IV Heri Suherman dan tergugat V Igor dengan nomor perkara 30/Pdt.G/2020/PN Cbdk/Tanggal Surat Rabu, 25 Nov. 2020 kualifikasi Perbuatan Melawan Hukum (PMH).

Dikomfirmasi Humas PN Cibadak Zulqarnaen, membenarkan adanya gugatan perkara tersebut, dimana turut tergugat adalah Kementrian BUMN dan PT Mahaloba Mayaloka Plantation. Adapun tahap persidangan saat ini adalah menuju upaya mediasi.

“Ya benar, kami menerima berkas yang dimana persoalan kerjasama tanaman buah lemon. Saat ini sedang tahap menuju mediasi dengan memeriksa berkas-berkas, kemudian menetapkan hakim mediator,” ungkap Zulqarnaen.

Kuasa Hukum Penggugat PT Rukhamah Indonesia Abadai, Kuswara mengatakan, pelayangan gugatan perkara yang dilakukan kliennya, Menyoal proses kisruh saat melakukan penanaman buah sari lemon bekerjasama dengan para tergugat.

“Kami melakukan kegiatan tanaman ini secara terang benderang dengan para tergugat. Bahkan ada bibit yang memang dari para tergugat yang kami beli,” papar Kuswara.

Didalam tuntutan sendiri, kata Kuswara, pengugat menuntut kerugian materil senilai Rp 1 miliar dengan rincian berbagai kebutuhan saat menanam yakni biaya pupuk, pekerja dan bibit.

“Sementara kerugian tersebut yakni menuntut tergugat III dan IV senilai Rp 641 juta dan tergugat V senilai Rp 443 juta serta tergugat I dan II untuk patuh dan tunduk terhadap putusan nanti,” jelas Koswara.

Sementara itu, sampai berita kisruh gugatan ditayangkan pihak tergugat I dan V belum memberikan keterangan dan penjelasan saat pihak awak media melakukan upaya konfirmasi.**

-
Artikel sebelumyaRidwan Kamil Buka Lima Ribu Lowongan Anak Muda, Untuk Dinikahkan Dengan Kembang Desa
Artikel berikutnyaAgus Harimurti Yudhoyono Soal Gerakan Politik Ambil Alih Ketua Umum Partai Demokrat