Setengah Ton Ganja Dalam Peralon Diungkap BNN

131
ganja
Foto Ilustrasi.
BOGOR,banten.indeksnews.com_ Kurang lebih setengah ton ganja yang dimasukkan ke dalam pipa paralon menyerupai lemang berakhir di depan sebuah toko baju yang berada di Jalan Raya Parung, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (09/02/21) dini hari, di amankan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Perjalanan pengiriman ‘lemang ganja’ berakhir setelah petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) membuntuti sebuah truk ekspedisi yang membawa 6 drum berisikan barang terlarang tersebut.

Informasi yang dihimpun, petugas BNN melakukan pengintaian selama berjam-jam sebelum truk tersebut dijemput oleh seseorang.

Setelah melakukan pengintaian terhadap truk ekspedisi tersebut selama beberapa jam di kawasan Sentul, petugas BNN yang mengenakan pakaian sipil kembali membuntuti truk menggunakan kendaraan pribadi hingga tiba di kawasan Parung.

iklan dprd 681x342 1

Setelah menunggu hingga pukul 00.30 WIB, petugas BNN akhirnya melakukan penggeledahan terhadap truk tersebut. Sebelum melakukan penggeledahan, petugas menggunakan anjing pelacak untuk memastikan drum yang ada di atas truk tersebut merupakan narkotika.

“Proses pembongkaran drum yang memuat ‘lemang ganja’ memakan waktu yang cukup lama,” kata Deputi Pemberantasan BNN Irjen Pol (Purn) Arman Depari, Rabu (10/02/21).

Irjen Pol (Purn) Arman Depari menceritakan, petugas BNN bahkan sempat terjatuh saat membuka drum tersebut. Setelah berhasil membuka drum yang berisii ganja tersebut, drum mengeluarkan cairan minyak nilam yang digunakan untuk mengelabui petugas.

“Selain itu drum yang memuat 60 hingga 63 pipa paralon yang berisi ganja menyerupai lemang mengeluarkan bau yang tidak sedap. Truk ekspedisi yang membawa ‘lemang’ ganja tersebut oleh pelaku akan ditempatkan di sebuah gudang penyimpanan sebelum didistribusikan,” kata Irjen Pol (Purn) Arman Depari.

Setelah berhasil membuka drum yang berisi ganja tersebut, petugas lansung membawa barang bukti sebanyak 450 kg ganja dan truk ekspedisi ke kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur.

BACA JUGA:  Polisi Tetapkan Direktur-Komisaris PT ASA Sebagai Tersangka Kasus Penimbunan Obat Covid-19 di Jakbar

Petugas juga sudah mengantongi identitas satu orang tersangka yang bertindak sebagai pengendali pengiriman ratusan kilogram ganja tersebut, yang mengendalikan dari dalam lembaga pemasyarakatan alias lapas. Kami akan koordinasikan dengan pihak terkait untuk menjemput dan sekaligus melakukan pemeriksaan kepada yang bersangkutan,” tandas dia.**

Cipali

Artikel sebelumyaKemenag RI Larang ASN Dukung Organisasi Terlarang
Artikel berikutnyaMenteri Tjahyo Kumolo Sebut Ada ASN yang Suka Nyumbang ke Organisasi Terlarang