Menteri Trenggono Larang Ekspor Benih Lobster, Hanya Boleh Budidaya

187
Larang Ekspor Benih Lobster, Hanya Boleh Budidaya
Menteri Trenggono ft istw

JAKARTA,banten.indeksnews.com –Menteri Trenggono Larang Ekspor Benih Lobster ini dinyatakan Menteri Kelautan dan Perikanan Menteri. menilai, benur merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia yang harus dijaga kelestariannya.

Untuk itu, Menteri Trenggono menyebut pihaknya akan mengganti kebijakan ekspor benih lobster dengan budidaya dalam negeri. Menurutnya, jika benur dibudidaya hingga mencapai ukuran konsumsi, maka nilai jualnya semakin bagus jika diekspor jadi kitaLarang Ekspor Benih Lobster.

“Yang benur sudah pasti saya akan melarang ekspor benih lobster. Kenapa? Karena benur itu adalah kekayaan dari pada bangsa ini, kekayaan dari alam Indonesia. Dia (benur) hanya boleh dibudidaya sampai kemudian ukuran konsumsi karena nilai tambahnya itu adalah di ukuran konsumsi,” kata Menteri Trenggono seperti dilihat di Instagram resmi @kkpgoid, Minggu (28/2/2021).

Trenggono menilai, ekspor benih lobster hanya akan mendatangkan keuntungan bagi negara yang menjadi pembeli. Menurutnya, benih lobster yang dibeli dan kemudian dibudidaya, maka otomatis harga jualnya akan meningkat berkali lipat.

“Kalau BBL yang dijual misalnya tidak tahu harganya berapa, itu yang kaya negara yang membeli karena dia tahan satu tahun saja dia sudah bisa mendapatkan angka yang berpuluh-puluh atau beratus-ratus persen kenaikannya,” bebernya.

Untuk itu, Menteri Trenggono menyatakan pihaknya melarang ekspor benih lobster. Tak main-main, Trenggono juga akan bekerja sama dengan Kapolri guna memberantas pelaku penyelundup benih lobster secara illegal.

“Sekarang di jaman saya ini saya katakan sudah di-hold, akibat dari case itu. Tapi saya nyatakan di depan Anda semua bahwa itu pasti akan saya berhentikan dan kita akan meminta bantuan kepada Kapolri untuk selalu mencegah soal benur. Yang boleh kita lakukan adalah untuk budidaya,” tandasnya.

BACA JUGA:  PHRI Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Jawa Barat minta pemerintah beri bantuan dan relaksasi izin

Sementara itu, Juru Bicara Menteri KKP Doni Ismanto Darwin membenarkan jika ekspor benih lobster akan dilarang di era ini. Saat ini aturan terkait kebijakan itu sedang dalam proses penyelesaian.

“Iya . Arahnya ke budidaya sampai ukuran konsumsi (baru diekspor),” ucapnya saat dihubungi.

Artikel sebelumyaJenglot Seram dengan Taring-Rambut Sedengkul Ditemukan di Makam Kudus
Artikel berikutnyaWagub Andika Hazrumy Ajak Remaja Mesjid Lawan Covid-19, Saat buka Muswil VI BKPRMI Banten