Dinas Pariwisata Kab Sukabumi Akan Segera Ceklok Potensi Wisata Cisundel Cisolok Sukabumi

Perlu Bantuan Pemerintah, Potensi Objek Wisata Cisundel Sukabumi Dibukbak Puluhan Warga
curuk cisundel sukabumi ft rd
SUKABUMI, banten.indeksnews.com_ Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, melalui Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Pariwisata Usman Susilo, mengapresiasi langkah masyarakat yang tergabung dalam wadah Paguyuban Pemuda Kampung Cisundel, yang sudah berjibaku dengan swadaya buka akses jalan menuju bakal potensi objek wisata di Kampung Cisundel, Kedusunan Datarsari, Desa Cicadas, Kecamatan Cisolok.

Kabid Destinasi Pariwisata Usman Susilo mengatakan, pada dasarnya semua potensi wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi, harus dikembangkan dan dieksplor sisi keindahan alam dan potensinya. Akan tetapi, tinggal melihat keseriusan Pemerintah Desa (Pemdes) dan pengelolaan Destinasi Tempat Wisata (DTW). Pasalnya, ada yang harus diperhatikan terlebih dari persyaratan legalitas lahan dan rencana DTW tersebut harus dimasukkan kedalam Musrembang tingkat Desa, Kecamatan lalu Kabupaten.

“Saya apresiasi langkah masyarakat setempat, dengan swadaya kerja bakti membuka akses jalan menuju bakal potensi pariwisata di Kampung Cisundel, Kecamatan Cisolok. Akan tetapi, harus dimatangkan dan dipastikan sisi kepemilikan lahan yang nantinya akan dikelola. Harus clear terlebih dulu, agar dikemudian hari ketika pemerintah akan mendorong pengembangannya, itu tidak ada masalah,” kata Usman Susilo, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat Whatsapp, Kamis (04/03/21).

iklan dprd 681x342 1

Selain itu, Usman menambahkan, DTW tersebut juga harus sudah siap FS, DED UPL/UKL atau AMDAL. Pasalnya, banyak DTW yang akan dan sudah dibangun, namun dari sisi pengelolaanya dinilai tidak jelas, akhirnya masyarakat maupun desa, hanya menjadi penonton dan tidak ada kontribusi dalam potensi pariwisata tersebut.

“Yang disebut pengelola antaranya, pemberdayaan bumdes dan pokdarwis, baru bisa berjalan bersamaan. Jadi masarakat dan desa jangan beranggapan yang disebut DTW itu cukup adanya gazebo, jogingtreck dan signet saja, tapi bagaimana pengelolaannya dan persyaratannya,” jelas Usman.

“Untuk DTW Cisundel, Insyaallah kita cek kelapangan, akan tetapi setelah kami cek, DTW Cisundel di Musrem tidak ada usulannya. Akan tetapi, secara pribadi ini harus diapresiasi dan didorong dari potensi pengembangan kedepannya,” tandas Usman.

Diberitakan sebelumnya, puluhan masyarakat dan penggagas wisata Paguyuban Pemuda Cisundel, Desa Cicadas, Kecamatan Cisolok, membukbak akses jalan menuju bakal jadi Destinasi Tempat Wisata (DTW) yang dinilai memiliki keindahan alam dengan air terjun yang masih perawan dan asri.

“Alhamdulillah, dengan modal semangat dan gotong royong yang dimiliki masyarakat bersama paguyuban pemuda Kampung Cisundel, Akses menuju objek wisata yang sebelumnya banyak ilalang dan pepohonan hutan, kini sudah terlihat banyak menyimpan potensi wisata yang bisa dijadikan peluang dari sektor wisata untuk masyarakat setempat,” kata Ata Suharta Ketua Paguyuban Pemuda Kampung Cisundel.

masyarakat kampug cisundel swadaya membuka lahan wisata ft rd
masyarakat kampug cisundel swadaya membuka lahan wisata ft rd

Ata menjelaskan, akses jalan menuju pontensi objek wisata Cisundel dari titik nol jalan Kabupaten/Desa yang ditata kurang lebih 1, 5 kilo meter, dengan mengerahkan sebanyak 50 orang warga, dengan menggunakan alat perkakas seadanya yang dimiliki.

“Pembenahan dilakukan kurang lebih lima hari, mula-mula melakukan kerja bakti untuk memperbaiki akses jalan terlebih dahulu, selanjutnya kearah membersihkan dan pembukaan akses jalan menuju objek wisata Curug,” papar Ata.

Meskipun baru wacana keinginan masyarakat Kampung Cisundel untuk memiliki objek wisata yang bisa jadi icon objek wisata Kampung Cisundel, Desa Cicadas, yang bisa dimanfaatkan oleh Masyarakat, Pemerintah Desa, dari sektor ekonomi dan wisata.

Untuk diketahui informasi yang dihimpun, Rencananya potensi objek wisata Cisundel akan dibuat Spot Selfie, Gazebo, Warung Rakyat, Wisata Tubing, Galery Aksesoris dan Produk Makanan Cisundel Desa Cicadas.**

PicsArt 03 01 06.45.01

PicsArt 03 01 06.37.48PicsArt 03 01 06.47.38PicsArt 03 01 06.43.09IMG 20210227 012043PicsArt 02 27 01.53.17

-
Artikel sebelumyaDitanya Luna Maya Balikan Lagi Sama Ariel Noah, Gak Ada Yang Mungkin di Dunia Ini
Artikel berikutnyaBersihkan Telinga Dengan Cotton Bad, Ini Sisi Bahaya Yang Harus Diperhatikan