Rumah Sopan Membuka Pelayanan Konsultasi Pengelolaan Lingkungan Kepada Masyarakat Melalui Medsos

215
Rumah Sopan Membuka Pelayanan Konsultasi Pengelolaan Lingkungan Kepada Masyarakat Melalui Medsos
Sony Teguh Trilaksono,seorang penggiat dan pemerhati lingkungan ft istw
JABODETABEK, banten.indeksnews.com – Rumah Sopan adalah sebuah komunitas masyarakat peduli lingkungan yang didirikan oleh Sony Teguh Trilaksono seorang penggiat dan pemerhati lingkungan yang prihatin pada masalah lingkungan di Indonesia yang terus meningkat dari waktu ke waktu . Banjir dan timbulan sampah yang tidak terkendali adalah dua masalah besar yang saat ini tengah dihadapi Indonesia.

Salah satu penyebabnya adalah karena wawasan/ kemampuan masyarakat yang rendah dalam pengelolaan lingkungannnya secara mandiri. Sehingga dapat di pahami bila peran dan keterlibatan masyarakat juga sangat rendah pada upaya-upaya menjaga keseimbangan lingkungan yang dilakukan oleh Pemerintah.

Menyikapi hal tersebut Rumah Sopan hadir untuk memberikan alternatif solusi melalui penyelelenggaraan pelayanan konsultasi,tutorial dan edukasi kepada masyarakat terkait masalah lingkungan hidup yg dihadapi oleh masyarakat.

Pelayanan tersebut dapat di akses melalui kanal Youtube,Facebook,Instagram dan Twitter Rumah SOPAN.
Sony, berharap upaya yang sederhana tersebut dapat mendukung upaya penanaman budaya peduli lingkungan pada masyarakat.

Untuk menyikapi situasi lingkungan alam yang kurang bersahabat bagi kehidupan manusia (pemanasan global), Rumah Sopan memberikan saran kepada masyarajat untuk melakukan beberapa upaya yakni:

1. Efisiensi penggunaan air dan mengupayakan air tidak di buang langsung ke got (menguap percuma) tapi masukkan kembali ke tanah dengan mengaktifkan kembali sumur resapan,lubang biopori, embung. Pengelolaan air wudlu Mushola/Masjid adalah salah satu targetnya.

2. Perbanyak menanan tanaman dengan berbagai wahana untuk mengurangi efek panas dan meningkatkan suplai oksigen. Sebaiknya bila menyiram tanaman dilakukan pada saat matahari mulai terbenam,untuk mengurangi penguapan.

3. Kelola sampah terutama yang organik karena mudah membusuk dan membangkitkan bakteri/penyakit dengan menerapkan proses komposting mandiri.

4. Kurangi penggunaan energi (gas,listrik,minyak tanah) secara berlebihan untuk mengurangi panas udara. Matikan listrik saat kita tidur dan masaklah makanan yang cepat matang.

BACA JUGA:  Belanda dan Belgia Susul Italia ke Babak 16 Besar Piala Eropa 2021

Menjaga alam dan lingkungan adalah sebuah keniscayaan agar manusia bisa hidup nyaman dan bahagia, pesan Sony Teguh T kepada masyarakat.