Pelayanan Adminduk Secara Online di Tengah Pandemi, Dinilai Efektif dan Efisien

353
SUKABUMI,jawabarat.indeksnews.com- Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terus dilakukan penataan dan dipermudah. Pelayanan baik terhadap secara Online maupun Offline.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi, H Iwan Kusdian, untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, Disdukcapil Kabupaten membatasi pelayanan kunjungan secara langsung atau offline bagi masyarakat yang akan mengurus pembuatan dokumen kependudukan.

“Ditengah kondisi pandemi, masyarakat telah berangsur menggunakan pelayanan melalui media online atau digital dalam mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan kepengurusan data dokumen kependudukan,” kata Iwan Kusdian, saat dikonfirmasi, Rabu (17/03/21).

Iwan menjelaskan, bukti masyarakat Sukabumi sudah biasa membuat kepengurusan data secara digital atau online. Diantaranya Disdukcapil sudah memberikan pelayanan 16.597 keping KTP melalui pendaftaran secara online, 2383 Kartu Keluarga (KK), 754 Akta Kelahiran, dan 36 Akta Kematian.

“Ditengah kondisi saat ini, masyarakat cerdas dan mengikuti segala pelayanan dalam mengurus data secara online, semua dirasakan sangat lebih efesien dan mudah,” jelas Iwan.

Pelayanan

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Hj.Yayah Dewi Homsiah, mengatakan bahwa pelayanan Disdukcapil baik itu secara online maupun offline memiliki prosedur dalam melakukan pendaftaran.

“Sesuai dengan PERPRES NO.96 TAHUN 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Ada beberapa dokumen yang dilayani pada pelayanan Disdukcapil diantaranya pendataan atau pendaftaran penduduk, Kartu Keluarga, Biodata Penduduk, KTP, Surat Pindah, dan Surat Keterangan Tinggal Terbatas (SKKT) Orang Asing, yang tentunya bisa dilayani ketika memenuhi aturan dan persyaratan yang berlaku baik itu secara online maupun offline,” jelasnya.

Meski masih banyak penduduk yang menyampaikan pengaduan terkait dengan data kependudukan, yang belum aktif ataupun tidak sesuai dengan keperluan penduduk. Menurutnya, hal itu bisa di konsolidasi melalui sistem informasi administrasi kependudukan pada website www. konsolidasi. dukcapilkabsukabumi.org yang dikelola oleh Disdukcapil Kabupaten Sukabumi.

“Dalam hal palayanan kependudukan, Disdukcapil mengimbau kepada warga Kabupaten Sukabumi yang telah memenuhi syarat, untuk memperoleh dokumen kependudukan tersebut untuk segera melakukan perekaman. Apabila mengalami kesulitan karena jauh dari lokasi kantor Disdukcapil atau UPTD, maka untuk mempermudah pelayanan kependudukan masyaralat bisa mengakses website www.dukcapilkabsukabumi.org atau melalui hotline whatsapp 0815-7200-3030. Pembuatan KTP elektronik, sama sekali tidak dipungut biaya atau gratis dan hindari calo,”pungkasnya.**

PicsArt 03 01 06.45.01

PicsArt 03 11 04.05.57

Artikel sebelumya100 Hari Kerja Marwan-Iyos, Wakbup Kumpulkan Perangkat Daerah
Artikel berikutnyaMenpora Amali Sebut Hambalang Belum Tentu Menjadi Pilihan untuk Pemusatan Latihan