Formasi CPNS 2021 dan PPPK 2021, 1,3 juta formasi yang dibuka, sebagian besar untuk guru dengan rincian lebih dari 1 juta lowongan

170
Formasi CPNS dan PPPK 2021, 1,3 juta formasi yang dibuka, sebagian besar untuk guru dengan rincian lebih dari 1 juta lowongan
Menpan-RB Tjahjo Kumolo ft istw

JAKARTA, Banten.indeksnews.com- Berikut ini formasi CPNS 2021 2021 yang diumumkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Kemenpan-RB mengumumkan bahwa pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil formasi CPNS 20212021 dan Pegawai Pemerintah untuk Perjanjian Kerja (PPPK) Non-Guru 2021 akan dibuka pada Mei hingga Juni mendatang.

Pada tahun 2021 sendiri jumlah formasi CPNS 2021 dan PPPK berjumlah 1,3 juta formasi. Menpan-RB Tjahjo Kumolo menyatakan dari 1,3 juta formasi yang dibuka, sebagian besar untuk guru dengan rincian lebih dari 1 juta lowongan.

Ada pun 189.000 formsi untuk kebutuhan pemerintah daerah dan 83.000 sisanya untuk kebutuhan pemerintah pusat.

Tjahjo juga menerangkan khusus untuk lowongan guru akan dibuka dengan skema PPPK. Tak hanya itu eks guru honorer dan lulusan pendidikan profesi guru yang tidak mengajar diperbolehkan untuk melamar.

“Bahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan fasilitas bagi tenaga-tenaga honorer meningkatkan kemampuan dalam menghadapi tes seleksi, dan memberikan kesempatan tes sebanyak tiga kali,” katanya, Jum’at 19 Maret 2021.

Lebih lanjut Tjahjo menjelaskan, proses seleksi akan dilaksanakan di Kantor Pusat BKN, Kantor Regional BKN, Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN, atau tempat tes tambahan lain yang telah dibiayai BKN maupun dibiayai mandiri oleh instansi pembuka lowongan.

BACA JUGA:  Yardin Zulkarnain: PT. PITS Kandidat Untuk Komisaris Ada Pemikirannya sangat Cerdas Dan Ada Kandidat Keuangan Ada Yang Sangat Religius.