Jokowi Bakal Lanjutkan Proyek Hambalang, Yang Mangkrak Bertahun-Tahun

634
Jokowi Bakal Lanjutkan Proyek Hambalang, Yang Mangkrak Bertahun-Tahun
megaproyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional di Bukit Hambalang ft istw
JAKARTA, banten.indeknes.com- Presiden Jokowi saat ini tengah mempertimbangkan untuk melanjutkan kembali megaproyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional di Bukit Hambalang, Kabupaten Jawa Barat yang sudah bertahun-tahun mangkrak atau terbengkalai. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Rencananya, Jokowi akan menyulap megaproyek tersebut menjadi tempat para atlet senior dan berbakat. Rencana itu sendiri telah tercantum dalam agenda besar Desain Olahraga Nasional.

“Kita sedang mempertimbangkan untuk bisa melihat Hambalang menjadi tempat untuk sentra atlet senior dan atlet-atlet kita yang sudah siap untuk bisa bertanding,” kata Zainudin dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/3).

Tak cuma Hambalang, masih ada sejumlah proyek lainnya yang juga akan dibuat untuk para atlet nasional. “Kami akan buat 10 sentra pemusatan latihan di beberapa daerah, dan yang paling mendasar adalah talenta ketika di sekolah dasar,” imbuhnya.

Sekedar informasi, kabar Jokowi yang berniat untuk melanjutkan Proyek peninggalan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu sebenarnya telah berhembus sejak tahun 2016 lalu, namun hingga kini masih juga belum terealisasikan. Kala itu, Jokowi meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengkaji kemungkinan untuk melanjutkan proyek tersebut. Setidaknya, ada dua arahan khusus Jokowi terkait proyek Hambalang.

Adapun arahan khusus Jokowi terkait proyek ini sebagai berikut. Pertama, kepala negara memerintahkan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengaudit secara menyeluruh proyek tersebut. Kedua, berkaitan dengan audit teknis yang mencakup kelayakan proyek secara struktur.

Sementara itu, Komisi X DPR mengingatkan agar pembangunan Hambalang jangan sampai hanya menjadi nafsu membangun semata. “Pembangunan Hambalang harus ditempatkan dalam skema komprehensif dalam membangun dunia keolahragaan. Jadi jangan hanya sekadar nafsu membangun. Jangan hanya nafsu membangun dan lalu di dalamnya kosong output-nya. Input dan output-nya nggak anu itu, nggak imbang,” kata Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda kepada wartawan, Selasa (16/3).

BACA JUGA:  Gubernur Wahidin Halim laporkan capaian Penanganan covid kepada Presiden Jokowi
Artikel sebelumyaViral Video Oknum JPU Terima Suap Perkara Rizieq Shihab, Ini Kata Kejagung
Artikel berikutnyaTim All England Indonesia Negative Covid Akan Tiba di Jakarta Senin Sore