Ustadz Gondrong Rekam Video Gandakan Uang, Ternyata ini Motivnya

369
Ustadz Gondrong Rekam Video Gandakan Uang, Ternyata ini Motivnya
Ustadz Gondrong seorang pria berinisial H (45) menggegerkan dunia maya dengan videonya ft istw
BEKASI,banten.indeksnews.com – Ustadz Gondrong seorang pria berinisial H (45) menggegerkan dunia maya dengan videonya yang menunjukkan aksi menggandakan uang. Akibat aksinya itu, H harus berurusan dengan pihak kepolisian.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan mengatakan, pihaknya hingga kini masih melakukan pengembangan sambil menunggu laporan apakah ada korban penipuan dari aksi Ustadz Gondrong tersebut. Ia juga mengatakan pelaku dimungkinkan terjerat pasal berlapis.

“Kami masih lakukan pengembangan, termasuk pasal uang palsu yang digunakan Ustadz Gondrong juga masih kami dalami,” kata Hendra saat ungkap kasus di Lobi Mapolres Metro Bekasi, Selasa (23/3/2021).

Hendra mengatakan, video aksi tersebut direkam oleh istri pelaku pada 4 Maret 2021 lalu. Video itu kemudian viral di media sosial dua pekan setelahnya.

Dari keterangan tersangka, praktik penggandaan uang itu, hanya merupakan trik sulap malah tersangka sengaja membeli satu paket alat untuk memamerkan aksinya itu.

“Itu trik sulap, kotak itu juga alat sulap dan uang-nya itu juga uang mainan. Tersangka beli alat-alat itu di wilayah Tambun,” ujar nya.

Video berdurasi 12 menit itu memperlihatkan praktik penggandaan uang dengan media jenglot dan kotak hitam. Seorang pria berambut gondrong terlihat sedang melakukan ritual dengan memunculkan banyak lembaran uang pecahan Rp100 ribu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan salah seorang yang diamankan adalah pria berinisial H yang tampil dalam video viral tersebut beserta istrinya.

“Sudah diamankan lima orang termasuk saudara H sendiri bersama istri NP (18) dan beberapa orang lainnya,” kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin.

Yusri menjelaskan kelima orang tersebut diamankan setelah pihak Polres Metro Bekasi melakukan penyelidikan terkait video viral tersebut dan mengamankan seorang berinisial H di rumahnya di kawasan Babelan, Bekasi.

BACA JUGA:  Brand Expert: Semester 2 tahun 2021 adalah era krisis likuiditas

Kemudian berdasarkan hasil keterangan pihak yang diamankan polisi, ditemukan informasi bahwa video viral itu dibuat tanggal 18 maret 2020 sekitar pukul 11.00 WIB. Pembuat video tersebut ternyata adalah saudari NP.

Sedangkan menurut pengakuan H, yang menyebarkan video tersebut adalah saudari M yang saat ini berada di Surabaya.

“Pengakuannya untuk iseng saja karena itu hanyalah trik sulap,” tambahnya.

Polisi juga memperoleh informasi jika saudara H dikenal warga sekitar sebagai dukun dan penjual barang-barang antik dan disebut-sebut bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Yusri juga mengatakan saat ini pihak kepolisian masih mendalami dugaan penipuan dalam rangkaian peristiwa tersebut.

“Ini masih kita dalami termasuk apakah ada korban-korban penipuan. Kita masih menunggu hasil pendalaman yang dilakukan terhadap para saksi-saksi dan juga H dan istrinya, Pihak kepolisian mengamankan lima orang terkait beredarnya video viral penggandaan uang yang dilaporkan terjadi di Kota Bekasi, Jawa Barat,” pungkasnya.

Artikel sebelumyaGubernur Banten Mendukung Diberlakukannya Tilang Elektronik
Artikel berikutnyaOknum Wartawan Dilaporkan Peras Kepsek di Sukabumi, PWI Minta Penyidik Periksa Juga Pihak Pelapor