Dedek Prayudi Bongkar Misteri Hasil Survei Capres Pilihan Anak Muda

350
Dedek Prayudi Bongkar Misteri Hasil Survei Capres Pilihan Anak Muda
Dedek Prayudi Mantan Jubir PSI FT ISTW
JAKARTA, banten.indeksnews.com– Dedek Prayudi Eks Juru Bicara PSI menyebut bahwa sampel yang digunakan Indikator Politik Indonesia pada survei calon presiden (capres) adalah para pemuda yang saat ini masih berusia 17-21 tahun.

Menurut Dedek Prayudi, pada 2024, mereka akan berusia 20-24 tahun. Berdasarkan proyeksi penduduk rentang tahun 2015-2045 dari BPS, proporsi mereka akan mencapai 7.83% dari total penduduk, atau 10,69% dari total pemilih.

“Yang disurvei oleh Indikator pada 2021 adalah pemuda/i yang hari ini berusia 17-21 tahun. Pada 2024 nanti, mereka akan berusia 20-24 tahun. Kalau menurut proyeksi, proporsi mereka mencapai 7.83% dari total penduduk, atau 10,69% dari total pemilih. Begitu cara bacanya. Bukan 40%!,” tulis Dedek Prayudi pria yang kerap disapa Uki yang dikutip dari akun Twitter pribadinya, @Uki23, 24 Maret 2021.

Menurutnya, kelompok penduduk yang berusia 20-24 itu hanya 1 dari 12,5 kelompok umur peserta Pemilu. Selain itu, rentang usia tersebut masih tergolong ke dalam sebagian kecil dari kelompok umur yang dapat dikatakan sebagai pemuda.

Berdasarkan UU kepemudaan, Uki mengungkapkan bahwa seseorang dapat dikatakan sebagai pemuda jika tergolong ke dalam kelompok umur 16-30 tahun.
Berdasarkan hasil survei dari Indikator Politik Indonesia, suara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meraup 15,2% suara.

Jika dibandingkan dengan jumlah suara di kelompok seluruh usia, maka suara tersebut hanya mencapai angka 1,6% suara.

“Belum lagi bicara kecenderungan berubah pilihan yang tinggi di kalangan pemuda,” pungkasnya.

Sebelumnya, Indikator Politik Indonesia merilis temuan survei nasional suara anak muda terkait isu-isu sosial, politik dan bangsa, salah satunya terkait pilihan presiden jika pemilu dilakukan saat ini. Hasilnya, nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali bersaing.

BACA JUGA:  Jokowi Minta Percepatan Vaksinasi di Provinsi dengan Capaian di Bawah 20 Persen

Metode survei yang digunakan simple random sampling sebanyak 206.983 responden yang terdistribusi secara acak. Toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei digelar pada 4-10 Maret. Total survei sampel yang berhasil diwawancara sebanyak 1.200 responden warga negara Indonesia berusia 17-21.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan pertanyaan yang diajukan adalah jika pemilihan presiden dilakukan saat ini.

Hasilnya, 15,2 persen anak muda memilih Anies Baswedan menjadi presiden. Posisi kedua ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 13,7 persen. Kemudian ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di posisi ketiga dengan 10,2 persen.

SUMBER

Artikel sebelumyaMarzuki Alie Cabut Laporan, AHY Sudah Bukan Lagi Ketua Umum Demokrat
Artikel berikutnyaSatpol PP Kota Tangerang, Pergoki PSK Sedang Open BO Di Kosan Ciledug