Oknum Wartawan Dilaporkan Peras Kepsek di Sukabumi, PWI Minta Penyidik Periksa Juga Pihak Pelapor

398
SUKABUMI,jawabarat.indeksnews.com-Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sukabum, Asep Solihin merasa perihatin atas adanya oknum wartawan di Sukabumi, diamankan pihak kepolisian yang dilaporkan Kepala Sekolah (Kepsek) diduga melakukan pemerasan, Senin (22/03/21) lalu.

Dilansir dari Lingkarpena.id, Asep Solihin menilai dalam kasus dugaan pemerasan yang dituduhkan kepada oknum wartawan ini, tidak bakal ada asap kalo tidak ada api, perumpamaan tersebut dilontarkan oleh Avhes sapaan akrab Ketua PWI Kabupaten Sukabum Asep Solihin kepada wartawan ketika diminta tanggapannya, Selasa (23/03/21).

“Secara kelembagaan sangat perihatin, saya menduga ada sorotan kasus yang menjerat Kepsek yang sedang diinvestigasi oleh wartawan tersebut, sehingga terjadi dugaan pemerasan untuk menghilangkan kasus tersebut. Logika berpikirnya seperti ini, tidak mungkin tiba-tiba seorang wartawan meminta uang secara paksa kepada kepsek yang konon nilainya 25 juta rupiah,” kata Avles.

1614384682116

Maka dari, Avles meminta kepada penyidik yang menangani kasus dugaan pemerasan ini, bisa segera diusut tuntas. Bukan hanya kepada oknum wartawannya, tapi sebaliknya selidiki juga dugaan kasus yang membuat kisruh Kepsek. Pasalnya, dugaan pemerasan diruntut dari apa persoalan yang sebenarnya, hingga terjadi dugaa pemerasan terjadi.

“Memang dugaan pemerasaan yang kerap terjadi kepada oknum wartawan. Apapun alasannya, itu tidak dibenarkan oleh hukum. Untuk itu, kami berpesan kepada semua wartawan agar bekerja sesuai dengan aturan dan kode etik profesi,” pesan Avles.

Lanjut Avles, dalam menjalankan tugas pokok (tupoksi) jurnalistik, wartawan dibekali oleh Undang-undang Pers Tahun 1999, Kode Etik Jurnalistik, Pedoman Media Siber, Pedoman Pemberitaan Ramah Anak, bahkan sekarang ada Pedoman Pemberitaan Ramah Disabilitas.

“Pedoman UU Pers tahun 1999 dibuat bertujuan agar wartawan terhindar dari masalah hukum ketika membuat atau produk jurnalistik,” tegas Avles.

Ketika persoalan dugaan serupa dialami wartawan anggota (PWI Kabupaten Sukabumi), Avles dengan tegas akan memberikan bantuan hukum jika ada anggotanya yang terjerat masalah hukum.

“Seperti orang tua kepada anaknya, organisasi setidaknya memberikan pandangan dan pendampingan masalah hukum bagi anggotanya. Hal itu bisa membantu meringankan tuntutan hukumannya, akan tetapi bukan berarti melindungi perbuatannya yang salah,” jawab Avles.

Avles menambahkan, setelah ada keputusan vonis dan terbukti melakukan dugaan pemerasa secara hukum. Maka status anggota oknum tersebut, otomatis akan ditinjau sesuai dengan Peraturan Rumah Tangga PWI, Bab III tentang Sanksi, Pasal 4 ayat 1 yang berbunyi, Organisasi dapat menjatuhkan sanksi organisatoris terhadap anggota karena satu di antara hal-hal berikut lalu salah satunya ada pada huruf (f) yang menyatakan :

“Dijatuhi hukuman oleh pengadilan karena melakukan tindak pidana yang berkekuatan hukum tetap. Maka sanksi yang dijatuhkan sesuai ayat 2, berupa peringatan keras dan pemberhentian sementara atau bahkan pemberhentian penuh,” tandas Avles.

FB IMG 1585092739902

Sebelumnya Kepsek SDN di wilayah Desa Cibuntu, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, berinisial AA mengaku tertekan dan terintimidasi oleh sejumlah oknum wartawan, saat dikonfirmasi program bantuan sekolah, hingga berujung dugaan pemerasan oleh sejumlah oknum wartawan, di salah satu hotel kawasan Palabuhanratu.

Kepsek AA mengaku, endingnya oknum meminta uang hingga Rp 25 juta rupiah, dengan dalih akan membawa persoalan yang menjadi penyebab, ke ranah pelaporan kepada Aparat Penegak Hukum (APH) Kejaksaan Negri (Kejari) Kabupaten Sukabumi.

“Sebelum janjian pertemuan dengan oknum wartawan tersebut. Saya lapor polisi dulu sebelum janjian sama mereka,” selorohnya.

Dihubungi terpisah Kapolres Sukabumi AKBP Lukman Syarif membenarkan ada oknum wartawan yang saat ini sedang diperiksa. Menurutnya kasus itu masih tahap pemeriksaan.

“Ya benar, masih tahap pemeriksaan,” singkat AKBP Lukman Syarif.(CR-2/Red)

FB IMG 161652616211410 zakat tumbuh berkembang 768x766 1

PicsArt 03 22 09.38.29

Artikel sebelumyaUstadz Gondrong Rekam Video Gandakan Uang, Ternyata ini Motivnya
Artikel berikutnyaUniversitas Nusa Putra Umumkan Hasil Seleksi Penerima Program Beasiswa Bupati Sukabumi 2021, Cek di Link Dibawa Ini