Al Chaidar Pengamat Terorisme: Menduga Pelaku Bom Bunuh Diri JAD Makassar

352
Al Chaidar Pengamat Terorisme: Menduga Pelaku Bom Bunuh Diri JAD Makassar.
Pengamat terorisme Al Chaidar ft istw
JAKARTA,banten.indeksnews.com –  Al Chaidar Pengamat terorisme menduga pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar Minggu (28/3/2021) merupakan bagian dari jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Makassar, ujarnya seperti dilansir Media Indonesia di hari yang sama.

Al Chaidar menduga, motif yang dilakukan pelaku didorong oleh sentimen anti Kristen.

Al Chaidar yang dikenal piawai memetakan jaringan teroris ini melakukan latihan di Sumbar dan Nias untuk latihan.

Dan, berkat informasinya itu, sejak Pebruari hingga Maret 2021 sebanyak 48 teroris berhasil diamankan dan ditangkap tim Densus 88 Mabes Polri, mulai di wilayah Jawa Timur, Tangerang (Banten) Padang (Sumbar), dan Deli Serdang (Sumut). Yang ditangkap itu hampir 100 persen tugasnya sebagai penyandang dana (kotak amal dan wirausaha).

Akibat ledakan bom bunuh diri di Katedral Makassar, 5 satpam Gereja dan 9 Jemaat luka-luka dan dirawat di rumah sakit. Sedangkan 2 pelaku bom bunuh diri yang mengendarai motor matik berplat DD 5984 MD tewas di gerbang utama Gereja, ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Argo Yuwono dalam pernyataan persnya di Divisi Humas Mabes Polri, Jakaarta, Minggu (28/3/2021).

Hal lainnya, akibat ledakan bom bunuh diri di Gereja Katedral Makasar, ibadah Misa Minggu Siang sampai malam ini ditiadakan, tutur Keuskupan Agung Makassar.

BACA JUGA:  Fernando EMaS: AHY Jadi ketum partai saja disajikan begitu saja, tanpa ada perjuangan yang memunculkan adrenalin politik, lha Bisanya Disejajarkan Dengan Barack Obama
Artikel sebelumyaKombes Pol Edy Sumardi: Masyarakat Diimbau Tidak Sebar Video dan Foto Bom Makassar
Artikel berikutnyaKekerasan Terhadap Jurnalis Kembali Terjadi, Desak Polisi Usut Tuntas Kasus Kekerasan Terhadap Jurnalis Nurhadi, Ini Kronologi Kejadiannya