Jokowi Minta Warga Jabar-Jateng Ibadah Haji dan Umrah Lewat Bandara Kertajati

192
Jokowi Minta Warga Jabar-Jateng Ibadah Haji dan Umrah Lewat Bandara Kertajati
Bandara Kertajati. ft istw
JAKARTA,banten.indeksnews.com –  Jokowi meminta agar titik embarkasi haji dan umrah untuk seluruh warga Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian timur dialihkan ke Bandara Kertajati. Pemerintah mencari berbagai cara untuk mendorong Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat dapat berfungsi optimal.

Arahan Jokowi tersebut diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya usai rapat terbatas secara tertutup di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 29 Maret.

“Pak Presiden Jokowi mengarahkan bahwa nanti paling tidak umrah dan haji semua warga Jabar dan Jawa Tengah bagian timur itu kita konsentrasikan di Kertajati,” tutur Menhub Budi.

Selain itu, dalam rapat juga dilaporkan pembangunan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan selesai pada Desember 2021. Tol itu akan menjadi akses dari Bandung menuju Bandara Kertajati.

“Kertajati sebagai bandara akan menjadi lengkap karena tol Cisumdawu dari Bandung ke Kertajati akan selesai di Desember 2021. Artinya pergerakan penumpang di Kertajati akan menjadi lebih baik setelah Desember 2021,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan selama ini Bandara Kertajati belum berfungsi optimal karena askes ke bandara yang masih belum tersedia dengan baik.

Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil mengaku optimistis dengan adanya tol Cisumdawu maka Bandara Kertajati akan dapat berfungsi optimal.

“Bandara Kertajati hari ini belum berfungsi optimal karena akses Cisumdawu yaitu jalan tol dari Bandung ke bandara belum selesai. Tapi tadi disampaikan Kementerian PUPR oleh Pak Menteri alhamdulillah, insyaallah mohon doanya Desember 2021 akan terhubung,” tutur Kang Emil.

BACA JUGA:  ST Burhanuddin Jaksa Agung Akan Usut Laporan Skandal Impor Emas Rp 47,1 T