Jendral Listyo Sigit Prabowo: Penyerang Mabes Polri Lakukan 6 kali Tembakan, Tersangka Sempat Tinggalkan Surat Wasiat

344
Jendral Listyo Sigit Prabowo: Penyerang Mabes Polri Lakukan 6 kali Tembakan, Tersangka Sempat Tinggalkan Surat Wasiat
Data Terduga Penyerang Mabes Polri ft istw
JAKARTA,banten.indeksnews.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut penyerangan Markas Besar (Mabes) Polri yang dilakukan sendirian oleh Zakiah Aini terkait dengan jaringan ISIS. Tak hanya itu, sebelum melakukan aksinya, Zakiah sempat menuliskan surat wasiat.

Pernyataan tersebut disampaikan Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat menggelar konferensi pers di Mabes Polri pada Rabu (31/3/2021).

“Kita temukan saat mengeledah rumahnya, surat wasiat dan ada kata-kata di WhatsApp Group (WAG) keluarga, bahwa yang bersangkutan akan pamit.” Kata Jendral Listyo Sigit Prabowo.

Lantaran itu, Jenderal Listyo kemudian memerintahkan Kepala Densus 88 Antiteror Mabes Polri untuk mengusut tuntas terkait kemungkinan jaringan kelompok ini.

“Jadi saya sudah perintahkan Kadensus untuk mendalami dan mengusut tuntas terhadap kemungkinan dalam jaringan kelompok ini,” katanya.

surat wasia 1 ft istw
surat wasia 1 ft istw

Sebelumnya, Jenderal Listyo mengungkapkan, Zakiah Aini diduga melakukan aksi teror seorang diri alias lone wolf. Taktik itu kerap digunakan teroris jaringan ISIS.

“Dia lone wolf, ISIS, yang dibuktikan dengan postingan bersangkutan di sosial media,” katanya.

Listyo melanjutkan, jika Zakiah baru memiliki Instagram, karena baru mengunggah postingan kurang dari 24 jam yang lalu. Unggahan tersebut pun bergambar bendera ISIS.

surat wasiat 2 ft istw
surat wasiat 2 ft istw

“Yang bersangkutan memiliki Instagram, baru dibuat 21 jam lalu, di mana di dalamya ada bendera ISIS. Ada pula tulisan terkait masalah bagaimana perjuangan jihad.”

Dia kemudian menjelaskan, Zakiah Aini masuk ke kompleks Mabes Polri dari pintu belakang. Dia langsung mengarah ke pos gerbang utama Mabes Polri.

“Yang bersangkutan kemudian menanyakan ke anggota, di mana keberadaan kantor pos. Oleh anggota ditunjukkan arah ke kantor pos,” kata Listyo.

Kemudian, Zakiah Aini meninggalkan pos jaga. Tapi, tak lama, dia berjalan kembali ke arah pos jaga dan langsung melakukan penembakan.

BACA JUGA:  PPDB Tangerang-Tangsel, Masuk SMKN-SMAN Diduga Ada Praktek Jual Beli Kursi

“Dia menembak sebanyak 6 kali. 2 kali ke anggota di dalam pos. 2 kali di luar, dan menembak lagi ke anggota yang ada di belakangnya.”

Artikel sebelumyaIstana Bogor Dijaga Ketat, Imbas Buntut Penyerangan Mabes Polri
Artikel berikutnyaAplikasi Asli Sukabumi “SeeMitra” Mudahkan Pemasaran UMKM Secara Nasional