Nadiem Makarim: Pembukaan Sekolah Tatap Muka Tergantung Pemerintah Daerah

193
Nadiem Makarim: Pembukaan Sekolah Tatap Muka Tergantung Pemerintah Daerah
Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ft istw
JAKARTA,banten.indeknews.com – Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud),  menegaskan bahwa semua sekolah di Indonesia sudah bisa melakukan pembelajaran tatap muka. Namun, hal itu tergantung masing-masing kepala daerah. Sebab, wewenang pembukaan sekolah tatap muka itu sudah dilimpahkan kepada pemerintahan daerah sejak Januari 2021 lalu.

Nadiem Makariem juga meminta masyarakat untuk menanyakan perihal kapan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka kepada bupati/walikota dan gubernur selaku pemimpin pemerintah daerah.

“Mohon tolong tanya pemdanya masing-masing, bupati dan gubernurnya masing-masing. Kenapa belum dibuka? Padahal sudah dibuka dari kemarin,” kata Nadiem Makarim dalam Instagram Live bersama Youtuber Jerome Polin, dikutip pada Selasa (30/3).

Nadiem mendorong kebijakan tersebut agar sekolah yang tidak bisa melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) karena keterbatasan internet dan fasilitas, tidak tertinggal.

Namun sekitar bulan Juni-Juli, semua sekolah yang sudah rampung vaksinasi guru diharuskan membuka pembelajaran tatap muka meskipun hanya beberapa hari dalam seminggu.

“Jadi ini harapannya Pak Presiden sudah dukung, bulan Juni/Juli sudah selesai vaksinasi. Jadi harapannya yang sudah vaksinasi itu harus melakukan tatap muka,” lanjut dia.

Nadiem telah menyatakan pembukaan sekolah di seluruh daerah bersifat wajib setelah vaksinasi. Meskipun siswa masih diizinkan belajar dari rumah jika enggan ke sekolah.

BACA JUGA:  Pemkot Tangerang gelar vaksinasi serentak di 40 titik, Wapres Turut Menyaksikan