Orang Terkaya Indonesia Versi Majalah Forbes 2011, Di Tangkap KPK

210
Orang Terkaya Indonesia Versi Majalah Forbes 2011, Di Tangkap KPK
Samin Tan yang pernah menjadi orang terkaya tiba menggunakan mobil berwarna silver tiba sekira pukul 17.00 WIB. di Gedung Merah Putih ft istw
JAKARTA, banten.indeksnews.com- Orang Terkaya Pengusaha yang menjadi buronan KPK, Samin Tan akhirnya tertangkap. Dia telah kabur dari pengejaran KPK selama 1 tahun lamanya. Kabar terbaru ini datang dari Komisi Pemberantasan korupsi yang dikabarkan bahwa telah menangkap seorang diduga koruptor.

Yang  menarik dari orang terkaya ini bahwa tersangka diduga korupsi tersebut adalah buronan kasus dugaan korupsi pengurusan izin tambang batu bara, Samin Tan ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada sore ini, Senin (5/4/2021). Samin merupakan Pemilik PT Borneo Lumbung Energi dan Metal.

Samin Tan yang pernah menjadi orang terkaya tiba menggunakan mobil berwarna silver tiba sekira pukul 17.00 WIB. Saat turun dari mobil, Samin Tan dijemput oleh Ketua Wadah KPK Yudi Purnomo yang juga satu mobil dengannya.

Saat digiring masuk ke dalam Gedung KPK, Samin Tan telah di borgol. Dia berjalan sambil tertunduk.

Samin Tan memilih bungkam dan pasrah digiring ke gedung lembaga antikorupsi itu.

Samin Tan telah ditetapkan buronan oleh KPK setelah dua kali mangkir dari pemeriksaan sebagai tersangka pada 2 Maret 2020 dan 28 Februari 2020. Samin tak datang tanpa memberi alasan.

KPK menetapkan Samin Tan menjadi tersangka sejak 1 Februari 2019. Komisi antikorupsi menyangka pengusaha tersebut menyuap Eni sebanyak Rp 5 miliar terkait pengurusan izin tambang batu bara.

KPK menangkap Samin Tan, yang jadi buron selama hampir setahun lamanya. Tersangka kasus suap itu rupanya pernah tercatat dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Dirilis majalah Forbes pada 2011, Samin Tan muncul dalam daftar 40 pengusaha terkaya di Indonesia. Kala itu, posisi tiga besar orang terkaya tahun 2011 masih dipegang oleh Hartono bersaudara (pemilik Djarum), Susilo Wonowidjojo (Gudang Garam), dan Eka Tjipta Widjaja (Sinarmas Group).

BACA JUGA:  Kementerian (PUPR) Bantu Pemkot Tangsel Tangani Longsor di Kali Ciputat

Kekayaan ketiga orang itu naik USD 7,5 miliar menjadi USD 32,5 miliar atau 38 persen dari total kekayaan 40 orang terkaya di Indonesia yang masuk dalam daftar Forbes tersebut.

Kekayaan 40 orang terkaya Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut mencapai USD 85,1 miliar atau naik 19 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Lantas di mana posisi Samin Tan? Dari daftar itu, Samin Tan berada di posisi ke-28. Dia disebut memiliki kekayaan USD 940 juta atau sekitar Rp 13 triliun.

Masih dari daftar yang sama, Samin Tan berada satu peringkat di bawah Ciputra. Namun dia mengalahkan Aburizal Bakrie, yang berada di posisi 30 dan Mochtar Riady di posisi 38.