Pemkot Bogor Siap Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka Juli Mendatang

355
BOGOR,jawabarat.indeksnews.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, melalui Dinas Pendidikan (Disdik) tengah mempersiapkan pembelajaran tatap muka (PTM) untuk sekolah di tingkat SD, SMP dan SMA atau sederajat pada tahun ajaran 2021-2022 mulai Juli 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Pemkot Bogor, Hanafi membenarkan, Disdik sedang mempersiapkan sekolah di Kota Bogor mulai dari SD hingga SMA atau sederajat untuk PTM. Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri, yakni Menteri Dalam Negeri, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

“Berdasarkan SKB Empat Menteri tersebut, Pemerintah Pusat menjadwalkan PTM untuk SD, SMP dan SMA, mulai Juli 2021 mendatang,” kata Hanafi Kepala Disdik Pemkot Bogor, dilansir dari Antara, Sabtu (10/04/21).

Hanafi menjelaskan, persiapan PTM yang dilakukan Disdik sesuai amanah SKB Empat Menteri, hanya kegiatan belajar mengajar saja, tidak ada kegiatan ekstrakulikuler dan tidak ada kantin di sekolah.

“PTM ini hanyalah kegiatan belajar di sekolah saja, ekstrakurikuler dan kantin sekolah ditiadakan dulu, untuk itu para murid harus membawa bekal dari rumah,” jelas Hanafi.

Guna kegiatan PTN berjalan aman, Dinas Pendidikan Pemkot Bogor, juga mempersiapkan langkah teknis guna menutup penyebaran virus Covid-19, yakni membentuk Satgas Covid-19 Pelajar dan penerapan protokol kesehatan.

“Beberapa sekolah sudah mempersiapkan sarana dan prasarananya, mulai dari tempat mencuci tangan, desinfektan, dan alat pengukur suhu tubuh. Nanti akan diuji coba terlebih dahulu sebelum digunakan,” katanya.

Lanjut Hanafi, khusus sekolah SD, dinilai situasinya lebih pelik dan diperketat, karena jumlah SD di Kota Bogor sangat banyak, yakni sekitar 300 SD.

“Untuk SD jumlah siswanya juga sangat banyak. Kami mengkhawatirkan penerapan protokol (prokes) kesehatan bisa diawasi dan diperkuat, terutama menjaga jarak sesama siswa,” tandas Hanafi.**

PSX 20210409 211835PicsArt 04 09 11.08.28PicsArt 04 09 11.14.29

Artikel sebelumyaWagub Uu Ruzhanul Ulum Resmikan Desa Karedok Sebagai Desa Wisata di Jabar
Artikel berikutnyaTKI Asal Ciwaru Sukabumi Terdampar di Suriah, Diduga Mengalami Amnesia