TKI Asal Ciwaru Sukabumi Terdampar di Suriah, Diduga Mengalami Amnesia

93
TKI
Foto Dokumentasi Paspor TKI Asal Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, yang dikabarkan terdampar di Suriah Arab Saudi.
SUKABUMI,jawabarat.indeksnews.com-Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dikabarkan mengalami amnesia atau hilang ingatan negara Suriah Arab Saudi.

Informasi yang dilansir dari lingkarpena.id tersebut, TKI wanita atas nama Yani Nuraeni binti Sopandi Sugandi, saat ini terdampar di Negara Suriah menghiasi timeline media sosial (medsos) dan group pesan singkat Whatsapp.

Mendapat informasi terkait TKI tersebut, Eden Permana relawan dari Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) di Sukabumi, bergegas menelusuri kebenaran berita tersebut.

“Ya, saya mendapatkan informasi dari kawan-kawan yang berada di Riyadh Arab Saudi, melalui sambungan telepon, WA juga, ada TKI yang terdampar di Suriah, ketika dikonfirmasi ternyata alamatnya berada di desa saya sendiri (Desa Ciwaru),” ujar Eden, Jum’at (09/04/21) kemarin.

Eden menuturkan, ketika di telusuri dengan mendatangi alamat rumah orang tua TKI tersebut, kedua orang tuanya sedang berada di Cianjur, sehingga tidak dapat menemui pihak keluarga untuk saat ini.

“Bentuk kepedulian, berbekal data yang ada berupa foto Paspor dan Surat Keterangan (Suket) yang beredar di sosial media, saya sudah mendatangi rumah orang tuanya, tapi sayang kedua orang tuanya sedang di Cianjur,” tutur dia.

Kepala Seksi (Kasi) Penempatan Kerja Luar Negeri dan Dalam Negeri  Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, mengatakan, berdasarkan data di Disnakertrans tidak ada dan tiada pernah mengeluarkan rekomendasi untuk pembuatan paspor pada tenaga kerja informal atas nama tersebut.

“Kami tidak pernah mengeluarkan rekom pembuatan paspor TKI tersebut,” jelas Tatang.**

PSX 20210409 211835PicsArt 04 09 11.08.28PicsArt 04 09 11.14.29