Wagub Uu Ruzhanul Ulum Resmikan Desa Karedok Sebagai Desa Wisata di Jabar

262
Wagub
Foto Dokumentasi Humas Jabar.
SUMEDANG,jawabarat.indeksnews.com-Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum meresmikan Desa Karedok yang terletak di Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat sebagai Desa Wisata.

Informasi yang dihimpun, Desa Karedok yang diresmikan dinilai Wagub menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya adalah masih kentalnya upacara-upacara adat yang bisa memikat wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara, mulai dari Ngabeungket, Tutup Buku Guar Bumi, sampai Mapag Sri.

Selain itu, Wagub Uu Ruzhanul Ulum mempunyai cerita bahwa Desa Karedok memiliki cerita rakyat yang dapat memikat wisatawan untuk berkunjung, yakni menyajikan kuliner karedok, mulai dari karedok leunca, karedok terong, sampai karedok kacang panjang.

Wajub Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan terus berusaha meningkatkan sektor ekonomi secara merata. Akan tetapi, setiap daerah harus ada progres, antara lain dengan inovasi pengembangan desa wisata.

“Desa Karedok memiliki homestay yang nyaman buat wisatawan saat berkunjung ke desa tersebut, sehingga wisatawan akan betah tinggal di Desa Karedok, terutama para wisatawan keluarga,” ucap Wagub Uu Ruzhanul Ulum, disela meresmikan Desa Karedok sebagai Desa Wisata, Kamis (08/04/21) kemarin.

Wagub membeberkan, desa-desa di Jawa Barat sebetulnya memiliki banyak potensi wisata yang besar dengan pemandangan indah dan kekayaan budaya menjadi salah satu daya tarik desa-desa di Jawa Barat.

“Pemprov Jabar menargetkan setiap kabupaten/kota di Jabar, memiliki 10 desa wisata,” kata pria kelahiran Tasikmalaya 10 Mei 1969 ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Sumedang Hari Tri Santosa menyebut, pembentukan desa wisata (desa karedok) merupakan implementasi pembangunan yang dilakukan lewat pendekatan “bottom-up”.

“Kami meminta kepada Pemprov Jabar untuk meningkatkan dan memperbaiki aspek 3A, yakni Aksesibilitas, Amenitas, dan Atraksi di Desa Wisata Karedok. Dimana di Desa Karedok ada kerajinan-kerajinan kreativitas tangan dari bahan bambu, batok kelapa. Ditambah lagi kuliner, hingga atraksi budaya kesenian adat lokal yang dapat ditampilkan dan jadi destinasi desa wisata,” ucap Hari.

Ditempat terpisah Kepala Desa Karedok Intab Wikarya Putra mengaku bangga dan terus akan berjuang untuk bisa mengeksplor desa wisata di Desa Karedok. Ia berharap dengan peresmian tersebut, kesejahteraan dan perekonomian di desanya akan meningkat dan jadi unggulan desa wisata yang maju dari berbagai sektor.

“Dengan adanya pembangunan desa wisata, ini adalah pemanfaatan potensi yang ada. Dengan semangat tinggi kerja keras, kuat, dan kerja ikhlas, tetap bersemangat warga Desa Karedok swadaya untuk membentuk desa wisata dan desa mandiri,” tandas dia.*

PSX 20210409 211835PicsArt 04 09 11.08.28PicsArt 04 09 11.14.29

Artikel sebelumyaProyek Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Teknologi dan Industri 4.0 di Sukabumi, Telang Anggaran 18 Triliun
Artikel berikutnyaPemkot Bogor Siap Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka Juli Mendatang