Jozeph Paul Zhang Terduga Penista Islam, Mengaku Kristolog

157
Jozeph Paul Zhang Terduga Penista Islam, Mengaku Kristolog
Dalam konten YouTube Jozeph Paul Zhang berjudul Puasa Lalim Islam ft ss
JAKARTA, Banten.indeksnews.com- Jozeph Paul Zhang menjadi viral di media sosial karena diduga menista agama Islam. Dalam konten YouTube Jozeph Paul Zhang berjudul Puasa Lalim Islam, Jozeph Paul Zhang berbicara dengan nada mengolok-olok ajaran Islam, Nabi Muhammad SAW hingga ajaran puasa.

Siapa Jozeph Paul Zhang? Ia mengklaim dirinya sebagai apologet dan ahli Kristologi. Ia mengabarkan Injil, berdakwah melalui artikel, buku-buku, maupun tulisan di media sosial dan seminar-seminar Menjawab Iman Kristen. Ia mengaku tinggal di Bremen, Jerman. Jozeph mengaku telah membaptis ratusan orang eks Islam yang telah disadarkan melalui pemberitaan Injil yang dilakukan baik lisan maupun tulisan di Indonesia dan di Benua Eropa.

Selain itu, Jozeph Paul Zhang pernah mendapat kritikan keras dari umat Islam. Jozeph juga banyak diminta agar berhenti membuat konten provokatif karena dapat memecah belah persatuan.

Dalam video Puasa Lalim Islam, Jozeph  mengaku sebagai nabi ke 26 dan membuka sayembara bagi siapa saja yang ingin melaporkannya ke polisi atas dugaan penistaan agama.

Bukan kali ini saja, Jozeph menghina agama lain. Konten YouTube dan blognya banyak berisi bernada olok-olok agama lain, terutama Islam.

Jozeph kerap membuat konten kontroversial. Termasuk yang menjurus pada penistaan agama Islam. Siapa dia? Rupanya dia sudah lama tidak tinggal di Indonesia. Berdasarkan penelusuran yang dilakukan, Jozeph memang sudah tidak tinggal di Indonesia. Setidaknya 5 tahun terakhir.

Terakhir dirinya tinggal mengontrak rumah di Salatiga, Jawa Tengah. Konten-kontennya memang kerap provokatif. Dan belakangan dia kembali viral lewat tayangan Youtube, karena mengaku sebagai nabi ke-26.

Dia pun menantang untuk dilaporkan ke polisi dan siap membayar Rp 1 juta untuk masing-masing laporan di 5 polres berbeda. “Saya batasi 5 polres ya, jadi total Rp 5 juta,” kata dia, dalam unggahan di Youtube.

BACA JUGA:  Bupati Cianjur Warning Larangan Praktek Kawin Kontrak Bagi WNA dan Masyarakat, Melanggar Ada Sanksi Perbup-nya

Tantangan tersebut rupanya benar-benar direspons. Di Bareskrim Mabes Polri tercatat ada satu laporan pada 17 April 2021 dengan nomor LP/B/0253/IV/2021/Bareskrim.

Dari penyelidikan awal Mabes Polri, didapat informasi dari Kantor Imigrasi Kelas I Soekarno Hatta berdasarkan Travel document no B6622531, Jozeph  tidak lagi berada di Indonesia.

Dia tercatat meninggalkan Indonesia menuju Hong Kong sejak tanggal 11 Januari 2018. Terkait video tersebut, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan pihaknya tengah menyelidikinya. “Dalam penyelidikan,” ujar Argo.

Sebelumnya diberitakan, dalam unggahan di Youtube Jozeph  mengulas pembahasan mengenai Puasa Lalim Islam. Selain menjelek-jelekan ibadah Puasa, dia juga mengaku nabi ke 26 yang akan meluruskan ajaran nabi ke 25.

Konten yang menjurus penistaan agama itu, memantik reaksi keras masyarakat. Termasuk yang mencurahkannya di kolom komentar tayangan itu.