Pemekaran Bogor Timur Sudah Dapat Restu Gubernur Jabar dan Bupati Bogor

280
Pemekaran Bogor Timur Sudah Dapat Restu Gubernur Jabar dan Bupati Bogor
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah menandatangani persetujuan pemekaran wilayah Kabupaten Bogor Timur ft istw
BANDUNG, banten.indeksnews.com- Pemekaran Bogor Timur telah dapat Restu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan telah menandatangani persetujuan pemekaran wilayah Kabupaten Bogor Timur di gedung DPRD Jawa Barat pada Jumat (16/4). Setelah penandatanganan, Pemprov Jabar menyerahkan kepada Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk diajukan ke DPD dan DPR untuk persetujuan final.

Dari Pemekaran Bogor Timur yang  berpenduduk sekitar satu juta jiwa. Wilayah Kabupaten Bogor Timur sementara meliputi Kecamatan Gunung Putri, Klapanunggal, Cileungsi, Sukamakmur Jonggol, Cariu, dan Tanjungsari. Ibukota yang ditetapkan adalah Kecamatan Jonggol.

Bupati Bogor Ade Yasin menyebut jumlah penduduk Kabupaten Bogor sudah terlalu padat atau overload untuk wilayah setingkat kabupaten. Menurut Ade Yasin, pemerataan pembangunan dan pengembangan kemajuan serta kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bogor, bisa direalisasikan dengan cepat jika pemekaran wilayah seperti Pemekaran Bogor Timur segera dilakukan.

“Sangat layak dimekarkan karena penduduk kita sudah sangat banyak dan padat,” kata Ade Yasin dikonfirmasi, Sabtu 17 April 2021.

Bupati Bogor Ade Yasin
Bupati Bogor Ade Yasin

Ade Yasin mengatakan jumlah penduduk Kabupaten Bogor setara dengan satu provinsi. Saking padatnya, warga Kabupaten Bogor bisa dikatakan wilayah dengan jumlah penduduk terbanyak di Jawa Barat, bahkan Indonesia.

Pemecahan masalah kepadatan penduduk itu harus diselesaikan dengan pemekaran wilayah. “Karena wilayah kita juga sangat luas, pemekaran adalah hal urgent yang mesti dilakukan,” kata Ade Yasin.

Ade Yasin telah mengajukan pemekaran wilayah Kabupaten Bogor terbagi menjadi tiga, yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Bogor Barat dan Kabupaten Bogor Timur. Pada 16 April lalu, Bupati Bogor mengikuti rapat persetujuan bersama calon daerah persiapan otonomi baru di Bandung. “Kita dorong Bogor Timur juga mekar, untuk percepatan pembangunan,” kata Ade.

Ade Yasin menyatakan siap membantu memfasilitasi percepatan pemekaran wilayah Bogor Timur. Pemerintah Induk Bogor siap membantu menyediakan insfrastrukturnya agar Kabupaten Bogor Timur cepat terealisasi.

BACA JUGA:  Vaksinasi percepatan Agar Sekolah Tatap muka lebih aman, dilakukan oleh SMP NEGERI 21 PAMULANG TIMUR, berjalan ketat sesuai Prokes.

Pada saat ini Kabupaten Bogot telah melakukan percepatan pembangun jalur Poros Timur Tengah (PTT) atau Jalur Puncak II, yang akan menghubungkan wilayah Timur Bogor hingga Karawang, Bekasi dan Ibu Kota Jakarta. “Puncak II ini bukan hanya menghubungkan ke Cianjur saja, tapi ini istimewa karena bisa menghubungkan tiga provinsi Jabar, Banten dan Jakarta,” pungkas Ade Yasin.

Artikel sebelumyaBank Umum pergi Datang Bank Aceh Syariah: Kredit Rp 100 Juta, Bayar Rp 187 Juta
Artikel berikutnyaGeopark Belitong Ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark