Proyek Pembangunan KEK di Kabupaten Sukabumi dan Bogor, Bakal Memicu Lapangan Pekerjaan Untuk Ribuan Orang

399
SUKABUMI,banten.indeksnews.com-Proyek pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata MNC Lido City, di Kabupaten Bogor dan Sukabumi, Jawa Barat, Sepertinya bakal jadi perhatian khusus semua pihak, khususnya masyarakat Sukabumi.

Informasi yang dihimpun, proyek pembangunan KEK yang direncanakan berdiri di area seluas 3000 hektare ini. Diyakini akan memacu peningkatan diberbagi sektor perekonomian dan pembangunan di daerah tersebut.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, proyek pembangunan KEK Pariwisata MNC Lido City ini, akan memajukan daerah. Dimana, daerah tersebut merupakan perbatasan Kabupaten Sukabumi dan Bogor.

“Lewat proyek pembangunan ini, Lido bisa maju dan berkembang dari sektor infrastruktur maupun perekonomian,” ujar Sandiaga Salahuddin Uno.

Bahkan proyek pembangunan di KEK pariwisata ini, Sandiaga Uno mengatakan, bukan sektor infrastruktur saja, tentunya akan menyiptakan lapangan kerja. Baik bagi Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bogor, maupun Kota Bogor.

“Ribuan tenaga kerja tentunya akan terserap. Ini bisa membangkitkan pariwisata dan ekonomi di Jawa Barat. Apalagi, Presiden Joko Widodo meminta gerak cepat untuk Indonesia bangkit tahun ini. Dengan KEK ini bisa menggerakan ekonomi, kearifan lokal, Indonesia bisa bangkit,” tandas Sandiaga Uno.

Sebelumnya Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, KEK Pariwisata MNC Lido City ini, akan memberikan ruang dalam mengoptimalkan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) bagi Kabupaten Sukabumi dan Bogor. Terutama dalam menyerap tenaga kerja, UMKM, teknologi, dan lainnya.

“Bersyukur investasi MNC ini berada diantara Bogor dan Kabupaten Sukabumi. Perkembangan investasi ini akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja. Apalagi, dalam tahapan lanjutan pembangunannya akan berada di area 2000 hektare untuk wilayah Kabupaten Sukabumi,” kata Marwan.

Selain itu, KEK Pariwisata ini akan dikoneksikan dengan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Hal itu akan berdampak dengan pengembangan infrasktruktur di Kabupaten Sukabumi. Terutama bagi agenda KEK Cikidang. “Investasi yang menyejahterakan rakyat, kenapa tidak kita dukung,” tegasnya.

Sementara itu CEO MNC Group Hary Tanoesodibjo mengatakan, music and art center di KEK Pariwisata MNC Lido City merupakan tempat yang bisa menampung puluhan ribu orang. Selain itu, tempat tersebut akan terhubung dengan theme park, Movieland, Lido World Garden, convention center, dan hotel.

“Lido Music & Arts Center juga akan menyediakan berbagai fasilitas untuk keperluan acara pernikahan, dan olahraga. Nanti wilayah sini akan sangat baik bagi Bogor dan Sukabumi. Bahkan bila dikembangkan hingga ke Selatan Kabupaten Sukabumi, akan menjadi kawasan terbesar wisata dan terbaik di dunia,” pungkas Hary.**

Artikel sebelumyaPemprov Jabar Yakini borongdong.id, Bisa Bangkitkan Pelaku UMKM dan Ekraf Yang Sempat Terpuruk
Artikel berikutnyaPolres Cianjur Bakal Jaga Ketat Jalur-jalur Tikus, Antisipasi Pemudik Bandel