M Nawa Said Dimyati Waka DPRD Banten: Desak Gubernur Hentikan Program Hibah Ponpes Tahun Ini, Sudah Jadi Bancakan Korupsi

319
M Nawa Said Dimyati Waka DPRD Banten: Desak Gubernur Hentikan Program Hibah Ponpes Tahun Ini, Sudah Jadi Bancakan Korupsi
Wakil Ketua DPRD Banten M Nawa Said Dimyati. Politisi Demokrat diruang kerjanya Ft istw
SERANG, Banten.indeksnews.com- M Bawa Said Dimyati mendesak Gubernur Banten Wahidin Halim untuk menghentikan program bantuan dana hibah Pondok Pesantren 2021. Temuan Kejati Banten terkait penyalahgunaan anggaran dan jadi program bancakan menjadi salah satu sebab.

Desakan tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Banten M Nawa Said Dimyati. Politisi Demokrat itu menganggap kisruh kasus korupsi hibah Ponpes senilai Rp 117 miliar tidak terlepas dari peranan Pemprov yang buruk dalam mengelola dana hibah.

“Tahun Anggaran 2021, sebaiknya dibatalkan saja, apabila Pemprov tidak menyediakan fasilitator untuk membantu pondok pesantren dalam mempergunakan dana hibah,” kata M Nawa Said Dimyati yang akrab disapa Nawa kepada awak media, Selasa (27/4).

Nawa menerangkan, dalam proposal pengajuan hibah ponpes tentu ada rencana anggaran biaya (RAB) yang harus diselesaikan sesuai dengan pengajuan yang di Acc pemberi dana hibah.

Faktanya, dilapangan ada oknum yang sengaja memanfaatkan program hibah Ponpes yang merugikan para ulama, Kiai di tanah jawara.

“Sebagaimana terlampir dalam proposal pencairan, usulan ini semata-mata untuk melindungi para pengasuh pesantren dari jeratan hukum,” katanya.

Sementara saat disinggung soal kasus lahan Samsat Malingping, Nawa menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum untuk mengusut secara tuntas dan transparan.

“Kasus Samsat Malingping saat ini lagi dalam proses hukum, saya menghormatk aparat penegak hukum,” pungkas Nawa.

Sebagaimana diketahui, Pemprov Banten mengalokasikan anggaran hibah Ponpes tahun 2021 senilai Rp 161 miliar. Dimana setiap pesantren mendapatkan Rp40 juta dan diberikan kepada 4.042 Pesantren se-Banten.

BACA JUGA:  Pemkot Tangerang Lalai Akan Putusan penetapan perintah eksekusi Pengadilan Negeri Tangerang
Artikel sebelumyaPemkot Tangsel dan Kota Serang Lakukan Perjanjian Kerja Sama Pemanfaatan TPA Cilowong
Artikel berikutnyaPolda Banten Gelar Rakor Internal Ops Ketupat Maung 2021