Bahlil Lahadalia yang Naik Kelas Jadi Menteri Investasi/BKPM, Pengusaha Sukses Dari Keluarga Miskin

173
Bahlil Lahadalia yang Naik Kelas Jadi Menteri Investasi/BKPM, Pengusaha Sukses Dari Keluarga Miskin
Bahlil Lahadalia saat diwawancarai awak media ft istw
JAKARTA,banten.indeksnews.com – Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dilantik  Presiden Joko Widodo di Istana Presidenan, Rabu (28/4/2021). Kementerian Investasi merupakan kementerian baru yang bertujuan untuk meningkatkan investasi dan penciptaan lapangan pekerjaan.

Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Nadiem Makarim Anwar sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (28/4)

Penunjukan Bahlil Lahadalia ini dibarengi dengan pelantikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan anggota Dewan Pengawas KPK.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya, dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Jokowi saat membacakan sumpah jabatan yang diikuti Bahlil.

Sebelumnya, pada 2019 lalu, Bahlil ditunjuk Jokowi untuk menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Bahlil juga dikenal sebagai salah satu tim sukses Jokowi-Ma’ruf Amin saat Pilpres 2019 lalu.

Bahlil merupakan sosok dengan latar belakang pengusaha ternama. Namun, perjalanan hidupnya pun tak bisa dikatakan mulus. Lahir dari keluarga miskin, Bahlil harus bejuang berdagang kue hingga menjadi sopir angkutan umum demi mendapatkan uang.

Adapun ayah Bahlil berprofesi sebagai kuli bangunan dan sang ibu merupakan buruh cuci. Dengan kondisi ekonomi yang pas-pasan, Bahlil lantas ikut membantu mencari uang dengan berdagang kue di sekolah. Hasil uang dagangannya itu digunakan untuk membiayai sekolah dan keperluan sekolahnya.

BACA JUGA:  Walikota Cilegon: Data Semua Warga yang Tidak Mampu, Jangan Ada yang Terlewat

Pria kelahiran 7 Agustus 1976 asal Maluku Utara ini juga pernah mengadu nasib menjadi kondektur hingga supir angkot. Berkat kerja kerasnya, Bahlil berhasil mendaftar dan melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay di Papua.

Rekam jejak karir seorang Bahlil pun mulai cemerlang. Tercatat dia pernah menjadi Bendahara Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), kemudian pernah bergabung dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) pada tahun 2013, kemudian pada tahun 2015-2019 dia menjabat sebagai Ketua Umum HIPMI.

Bahlil juga tercatat sebagai pemilik PT Bersama Papua Unggul, PT Dwijati Sukses, PT Rifa Capital Holding Company. Perusahaannya ini bergerak di sektor perkebunan, properti, transportasi, pertambangan, dan konstruksi. Dia juga mengusahakan 11.000 hektar tambang nikel di Halmahera Maluku Utara.

Penunjukkan Bahlil ini sekaligus mengakhiri spekulasi sosok yang akan mengisi jabatan yang diamanatkan oleh Undang-undang Cipta Kerja.

Bahlil sendiri merupakan wajah lama dalam kabinet. Sebelumnya, pengusaha muda itu menjabat sebagai ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Dilihat dalam LHKPN Komisi Pemberantasan Korupsi, Bahlil termasuk rajin melaporkan kekayaannya. Untuk harta 2020, Bahlil mencatatkan kekayaannya mencapai Rp300,44 miliar.

Harta Bahlil terdiri dari tanah dan bangunan senilai Rp282,28 miliar. Harta ini tersebar di Jayapura, Sragen dan Jakarta.

Selanjutnya, untuk kendaraan Bahlil hanya memiliki harta sebesar Rp171 juta. Kendaraan ini terdiri dari Toyota Harier 2007, Honda CRV 2010 dan Mitsubishi Pick Up 2012.

Menteri muda ini memiliki surat berharga senilai Rp2,01 miliar. Sedangkan harta berupa kas atau setara mencapai Rp15,97 miliar. Secara pribadi, Bahlil tercatat bebas utang.

Artikel sebelumyaMenkue Bagikan THR PNS Mulai 28 April Hari Ini
Artikel berikutnyaHabiburokhman Wakil Ketua MKD DPR Benarkan KPK Geledah Ruang Kerja Azis Syamsuddin