Kasus Penipuan Berkedok Arisan Lebaran, Pelaku Raup Untung hingga Rp 1 Miliar

271
Kasus Penipuan Berkedok Arisan Lebaran, Pelaku Raup Untung hingga Rp 1 Miliar
arisan bodong ft ilustrasi
BEKASI,banten.indeksnews.com- Kasus penipuan berkedok arisan lebaran di daerah Wisma Jaya, Kelurahan Aren Jaya, Bekasi Timur, berhasil diungkap. Diperkirakan ada ratusan warga yang tertipu arisan bodong ini.

“(Korbannya) Kasus Penipuan Arisan Bodong ada sekitar 300 sampai 500 orang. Ini perkiraan ya,” kata Kapolsek Bekasi Timur AKP Rusit Malaka , Jumat (7/5/2021).

Rusit megatakan, Kaus Penipuan dan praktik arisan bodong itu telah berlangsung sejak 5 tahun yang lalu. Dia menyebut korban setiap hari menyetorkan uangnya ke seorang perempuan berinisial H dengan jumlah yang bervariasi.

“Jadi arisan itu per hari ada yang nyetor Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, Rp 10 ribu,” ujar Rusit.

Dari arisan itu harusnya tiap mendekati Lebaran uang para anggota bisa dicarikan. Adapun, arisan itu dicairkan dalam bentuk paket sembako Lebaran.

Kasus penipuan yang dilakukan H itu diketahui oleh korban setelah tidak adanya kejelasan mengenai pencairan uang arisan itu. H berdalih uang arisan milik anggotanya hilang.

Karena tak terima, warga beramai-ramai menggeruduk rumah H pada Kamis (6/5) malam. H pun dibawa oleh warga ke kantor polisi.

Baru kepada petugas H mengakui telah melakukan penipuan kepada anggotanya. Dia menyebut uang anggotanya tidak hilang, namun dipakai untuk kepentingan pribadinya.

Dari pemeriksaan sejauh ini, diperkirakan total kerugian para anggota arisan itu mencapai hingga Rp 1 miliar. H pun kini telah ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi.

“Di laporan itu saya lihat (kerugian) Rp 950 juta hampir 1 M. Ini belum dirincikan ya,” pungkas Rusit.

BACA JUGA:  Gubernur Banten Serahkan Hadiah Sayembara Tugu Pamulang
Artikel sebelumyaBaznaz Siapkan Dana Rp 9,5 Miliar untuk Pendistribusian Zakat Fitrah
Artikel berikutnyaWahidin Halim Gubernur Banten Kembali Memperpanjang PPKM Mikro