Gerakan Sedekah Sampah Anggota Muda GOIB, Baznas Yakini Bisa Mendorong Kemakmuran Para DKM Masjid Jami

Gerakan Sedekah Sampah
Foto : H Unang Sudarma Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi, didampingi H Kamal , dan Asep Anwar Wakil Ketua DPC GOIB Cireunghas, Sukabumi.
JAWA BARAT-banten.indeksnews.com-Program Gerakan Sedekah Sampah yang dicetuskan para Anggota Muda Gerakan Ormas Islam Bersatu (GOIB) Sukabumi, mendapat dukungan kuat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dengan menjadi bagian dari kebangkitan Gerakan Sedekah di Sukabumi.

H Unang Sudara Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi mengapresiasi dan bangga terhadap inovasi yang digagas para anggota muda, para santri yang diasuh dalam wadah Organisasi Islam DPC GOIB Cireunghas dan DPP GOIB Sukabumi Raya, sebagai tombak tolak ukur dalam memberikan invois atau gagasan, tentunya bisa memberikan sisi positif dari adanya Gerakan Sedekah Sampah, untuk organisasi dan masyarakat.

“Program Gerakan Sedekah Sampah yang dipersembahkan para anggota muda GOIB, perlu didukung semua pihak dalam menciptakan sebuah gagasan itu yang paling mahal. Ketika semua penunjang maupun pradigma akan Program Sedekah Sampah sudah terbangun, Insya Allah bisa dirasakan manfaatnya untuk masyarakat maupun organisasi,” kata H Unang Sudarma.

Gerakan Sedekah Sampah
FOTO : Salah satu santri/anggota Muda GOIB Sukabumi, disela berkreasi dalam pembuatan tempat sampah khusus botol plastik, gelas plastik dan Keleng minuman, bahan material sebagian memanfaatkan ban bekas tak terpakai, hingga menjadi Tempat Sedekah Sampah.

Sebagai lembaga keagamaan, Unang mengaku hanya memberikan suplemen semangat dan semua dijadikan satu kolaborasi, dengan para DKM Mesjid Jami yang tersebar di Kabupaten Sukabumi. Dimana, hasil karya Inovisi Tempat Sampah Sedekah para anak muda ini, disimpan di depan Masjid Jami dengan metode Bank Sampah, disitu bakal mencul Gerakan Sedekah Sampah dengan tahapan.

“Setelah mendengar langsung dari tujuan inovasi Tong Sedekah Sampah diluncurkan, dengan mandiri dan modal keinginan kuat untuk menjadikan Sedekah dengan sampah ini, bisa menjadi tabungan para DKM maupun masyarakat yang menjadi nasabah, dengan uang rupiah maupun kebutuhan pokok (beras, telor, gula, minyak goreng dll) dikala sudah banyak. Gerakan ini jangan surut sampai disini, perlu diekspor lagi agar dirasakan manfaatnya,” tandas H Unang.

Ustadz Ade Zaelani DKM Mesjid Jami Al Mubarokah, Kampung Cibosak II RT 08/06, Desa/Kecamatan Cireunghas menyambut baik Gerakan Sedekah Sampah yang digagas para Anggota Muda DPC GOIB Cireunghas dan DPP GOIB, dikolaborasikan dengan lembaga keagamaan Baznas, bakal menjadi modal awal dalam menuju kemakmuran DKM Masjid Jami di Sukabumi.

“Alhamdulillah, ini perlu dilakukan digerakan secara bersamaan, dimana tujuan untuk sedekah itu bukan hanya dengan materi uang, akan tetapi dengan sampah plastik (botol plastik, gelas plastik dan kaleng minuman), bisa menjadi Gerakan Sedekah Sampah yang nyata dirasakan manfaatnya. Saya berharap ini bisa disosialisasikan dan di perluas lagi,” tandas Ustdaz Ade.

Gerakan Sedekah Sampah
Foto : Ustadz Ade Zaelani DKM Mesjid Jami Al Mubarokah, Kampung Cibosak II RT 08/06, Desa/Kecamatan Cireunghas, didampingi Bidang Ekonomi DPC GOIB Cireunghas, saat menerima Tempat Sedekah Sampah dari Baznas Kabupaten Sukabumi.

Diberitakan sebelumnya, berangkat dari kepedulian terhadap lingkungan dan sosial, para muda yang tergabung dalam wadah anggota muda DPC Gerakan Ormas Islam Bersatu (GOIB) Cireunghas dan DPP GOIB Sukabumi, Jawa Barat. Menuangkan ide kreativitas sebuah “Tong Sedekah Sampah”, bertujuan menjadi satu prilaku dan kebiasaan untuk bersedekah menggunakan sampah (non organik).

A Fauzi Bidang Sekertariatan DPC GOIB Cireunghas, memaparkan sedikit perjalanan inovasi sedekah sampah digagas anggota muda laskar, menjadi satu program sedekah dengan metode perbankan. Dimana para nasabah sedekah sampah yang tercatat, bisa mendapatkan keuntungan menjadi nilai rupiah dari sampah yang disetorkan ke Tong Sedekah Sempah.

“Program sedekah sampah ini, sebenarnya digagas sejak awal tahun 2021. Berjalan waktu, inovasi yang digiring menjadi program unggulan dengan tujuan, mengajak untuk peduli terhadap sampah dan sosial,” ujar Fauzi.

Gerakan Sedekah Sampah
Foto : Salah satu kepala depisi SPBU di Sukabumi Kang Farid, ikut serta mendukung Gerakan Sedekah Sampah, yang dicetus para santri dan Anggota Muda GOIB Sukabumi.

Asep Anwar Wakil Ketua DPC GOIB Cireunghas, menambahkan pencapaian satu cita-cita menuju sedekah sampah yang bisa meningkatkan ekonomi warga khusus para Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Mesjid Jami yang tercatat sebagai nasabah “Tong Sedekah Sampah” dengan menjalani kerjasama Progam yang dimiliki Baznas, MUI, DLH Kabupaten Sukabumi, bisa menjadi sedekah untuk kemakmuran Masjid Jami.

“Program ini tidak lepas dari dukungan dan dorongan Ketum DPP yang kami hormati, KH Asep Sirojudin Mahpud dan Ketua DPC Abi Hikmat Hasani sebagai guru dan tokoh di Cirenghas. Mereka terus mendorong doa dan masukan, tak lupa semua anggota muda, para ihwan yang tergabung dalam keluarga besar GOIB,” kata Apek sapaan akrabnya.

Gerakan Sedekah Sampah
Foto : Stap Bidang Kebersihan dan Persampahan DLH Kabupaten Sukabumi, menyambut baik inovasi Tempat Sedekah Sampah yang dicetus Anggota Muda DPC GOIB Cireunghas dan DPP.

Denis Eriska Bidang Kebersihan dan Persampahan DLH Kabupaten Sukabumi, mengapresiasi terhadap pola memikirkan para anggota muda didalam organisasi Islam di Sukabumi. Dimana masih memiliki kepedulian terhadap keberadaan sampah, hingga bisa bernilai dan memiliki artis sedekah dan kebersihan lingkungan.

“Inovasi sedekah sampah ini perlu kita dorong dan dikembangkan menjadi sebuah gerakan sedekah sampah yang dikolaborasikan dengan program penanggulangan sampah di Pemkab Sukabumi,” singkat Denis.**

-
Artikel sebelumyaMart 212 dan Skandal bisnis berbau syariah.
Artikel berikutnyaRizal Djalil Mantan Anggota IV BPK, dieksekusi KPK Ke Lapas Cibinong