Yudha Sukmagara : Gerakan Sampah Sedekah Bisa Membantu Pemkab Dalam Penanggulangan Sampah Plastik di Sukabumi

201
JAWA BARAT-banten.indeksnews.com-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara mengapresiasi atas inovasi Tempat Sedekah Sampah yang dicetuskan para santri dan anggota muda DPC Gerakan Ormas Islam Bersatu (GOIB) Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Yudha Sukmagara mengaku sangat mengenal sosok pengasuh para santri dan anggota muda DPC Gerakan Ormas Islam Bersatu (GOIB) Cireunghas, Ustadz Abi Hikmat Hasani selain Ketua DPC juga sebagai tokoh ulama sekaligus Pimpinan Ponpes Ponpes Sunanul Hikmah, Desa/Kecamatan Cireunghas. Diperkuat dengan sosok Ketua Umum DPP GOIB KH Asep Sirojudin (Abah Cisayar), yang bisa melahirkan para santri maupun anggota organisasi islam yang dibesarkan untuk melahirkan penerus muda kreatif dan memiliki inovasi yang bermanfaat untuk umat maupun masyarakat.

“Inovasi yang dimiliki para santri di Kabupaten Sukabumi, dengan keranjang atau tempat Sedekah Sampah ini, dari saya sebagai Anggota/Ketua DPRD menilai ini suatu langkah mulia yang mana memang di kabupaten kita sendiri, mempunyai masalah dengan penanggulangan sampah, menurut kami ini salah satu solusi pemecahan atas prihal permasalahan sampah di Kabupaten Sukabumi,” ujar Yudha Sukmagara Legislatif besutan Partai Gerindra, saat dikonfirmasi disalah satu Rumah Makan di Jalan Lingkar Selatan, Jum’at (07/04/21) lalu.

Menurut Yudha Sukmagara, Gerakan Sampah Sedekah yang digencarkan para santri dan anggota muda organisasi islam di Sukabumi, salah satu gerakan yang perlu didorong oleh pemerintah daerah, jelas tujuan yang dilakukan sangat membantu masalah sampah. Apalagi mereka secara mandiri ditunjang dengan pengelolaan Bank Sampah yang di kelola management oleh mereka sendiri.

Sedekah Sampah
Foto : Salah satu kepala depisi SPBU di Sukabumi Kang Farid, ikut serta mendukung Gerakan Sedekah Sampah, yang dicetus para santri dan Anggota Muda GOIB Sukabumi.

“Saya yakini, yang tadinya sampah ini sudah tidak ada lagi manfaatnya/nilainya, bisa di kelola sedemikian rupa menjadi suatu yang bernilai. Jadi dari sampah, sampahnya jadi bersih, hasil sampahnya bisa menjadikan peningkatan ekonomi, Ini sangat luar biasa dan patut untuk di contoh dan harus di dukung oleh kita semua,” jelas Yudha.

Pemerintah Daerah harus tampil dan mendukung semua hal inovasi yang bisa bermanfaat dan singkron dengan progam pembangunan di Kabupaten Sukabumi. Terutama dari segi penempatan anggaran, segi pembinaan, supaya bisa mendapatkan kesempatan support dari pemerintah daerah (Pemda) dari sisi pembiayaan, pembimbingan teknis, bertujuan untuk memberikan semangat baru dalam Gerakan Sedekah Sampah yang mulai terlihat sambutan dan manfaatnya untuk masyarakat maupun lingkungan.

“Seharusnya ini bisa segera disambut Pemda Kabupaten Sukabumi, bank sampah yang di plopori oleh santri harusnya di suport oleh kita semua, dominan oleh pemerintah. Kami di DPRD pastinya sangat termotivasi dan senang bisa mendorong mengalokasikan perihal mengenai pemecahan solusi mengenai sedekah sampah ini,” papar politisi berbadan kekar ini.

Untuk memberikan dorongan nyata, Yudha mengatakan, salah satunya perlu mendorong semua pihak, terutama dalam membangkitkan Gerak Sedekah dengan sampah, dimana masih dinilai tidak bernilai. Akan tetapi, perlu suport dan mensosialisasikan Gerakan Sedekah Sampah dengan disingkronkan visi misi Pemkab Sukabumi.

Inovasi Tong Sampah Yang Dicetus Anggota Muda GOIB, Bisa Menjadi Sebuah Gerakan Sedekah Sampah di Sukabumi
Ketua BAZNAS H Unang Sudarma didampingi Anggota H Kamal, saat menerima hasil produk Tong Sedekah Sampah yang dibawa untuk jadi progam gerakan sedekah di setiap Mesjid Jami binaan Baznas.

“Apa yang di lakukan para santri Ponpes Sunanul Hikmah dan anggota muda organisasi islam, patut dicontoh untuk bisa jadi kebiasaan mulya dalam menghargai sampah plastik yang dikumpulkan dari setiap Mesjid Jami, setiap RT/RW mempunyai tempat sedekah sampah dan bank sampah. Kami yakin ini akan menjadi solusi terbaik dalam memecahkan permasalahan sampah dan prilaku kebiasaan untuk menabung dengan sampah plastik,” cetus Yudha.

Dengan begitu, Ia meyakini pastinya Dinas terkait yang mengurus kebersihan dan persampahan, akan sangat terbantu, dalam menangani sampah plastik yang perlu diperhatikan secara khusus.

“Pemerintah daerah pun akan berwibawa , dengan adanya hal seperti yang digagas para santri. Saya ingin mengucapkan semangat terus untuk para santri Ponpes Sunanul Hikmah dan Anggota DPC/DPP GOIB, lakukan apa yang terbaik untuk membangkitkan sosial sedekah melalui sampah. Ini tugas kinerja yang sangat mulia semoga di balas oleh Allah SWT,” tandas Yudha.**

Artikel sebelumyaRizal Djalil Mantan Anggota IV BPK, dieksekusi KPK Ke Lapas Cibinong
Artikel berikutnyaKewafatan H Deden Saepudin Adalah Kehilangan Bagi Masyarakat Sukabumi