Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Salat Idulfitri di Halaman Istana Kepresidenan Bogor

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Salat Idulfitri di Halaman Istana Kepresidenan Bogor
Presiden Joko Widodo di istana Bogor
BOGOR, banten.indeksnews.com- Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, melaksanakan salat Idulfitri 1442 H di halaman Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis pagi, 13 Mei 2021.

Tepat pukul 06.36 WIB, salat Idulfitri dimulai. Presiden Joko Widodo dan Ibu negara siap melaksanakan adapun yang bertindak selaku imam salat Idulfitri adalah Serda Ridwan Payopo yang dalam kesehariannya bertugas sebagai anggota Tim Pampri Den 1 Grup A Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

istana Bogor 2

Dalam khotbahnya, Serda Payopo menyampaikan bahwa menjalankan amalan serta ibadah di rumah dan menerima keadaan dengan adanya wabah seperti saat ini merupakan salah satu ujian yang diberikan Allah Swt.

“Oleh sebab itu di tengah tantangan lebih berat ini kita selalu istiqomah dengan mempertahankan rutinitas ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadan,” sambung Serda Payopo.

Tampak hanya belasan peserta shalat Idul Fitri yang melakukan ibadah bersama Presiden Joko Widodo dan ibu negara. Usai beribadah, Presiden tampak melakukan salam selamat Idul Fitri secara jarak jauh dengan imam shalat.

Melalui Sidang Isbat, Kementerian Agama menetapkan Idul Fitri 1442 Hijriah jatuh pada Kamis (13/5/2021) hari ini. Namun, pelaksanaan shalat Idul Fitri harus mempertimbangkan zonasi risiko penularan Covid-19 di daerah masing-masing.

Masyarakat yang berada di zona merah dan oranye diwajibkan melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah. Kawasan zona merah memiliki risiko penularan Covid-19 yang tinggi, sedangkan zona oranye berisiko sedang.

Adapun shalat Idul Fitri secara berjemaah di masjid atau lapangan terbuka dapat dilaksanakan di daerah dengan risiko penularan rendah (zona kuning) dan kawasan yang belum terpapar Covid-19 (zona hijau). Akan tetapi, pelaksanaan shalat di zona kuning dan hijau harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

Exit mobile version