Pantai Selatan Palabuanratu Dipenuhi Wisatawan Lokal, Sejumlah Titik Minim Rambu-rambu Larangan

353
JABAR,banten.indeksnews.com-Dua hari pertepatan libur lebaran Idul Fitri 1442 H/ Kamis (13/05/21), sejumlah tempat wisata pantai selatan Palabuanratu dipenuhi pengunjung wisatawan lokal Sukabumi.

Informasi yang dihimpun, sejumlah petugas gabungan terlihat berjaga-jaga disejumlah titik pos penyekatan, menyusul pemberlakuan larangan mudik dan wisatawan luas wilayah masuk ke Sukabumi, begitupun di titik masuk obyek wisata Palabuanratu.

Pantauan di objek wisata Palabuanratu, terlihat kerumunan orang yang berlibur di pantai selatan Kabupaten Sukabumi. Akan tetapi, guna mengantisipasi kecelakaan laut (lakalaut) yang menimpa para wisatawan menjelang liburan lebaran hari raya.

Dinilai masih minim pasilang Protokol Kesehatan (Prokes) yang di sediakan pengelolaan, ditambah minim pemasangan baru rambu-rambu tanda larangan berenang di daerah rawan kecelakaan laut (lakalaut) di Palabuhanratu dan Cisolok.

Palabuanratu
Foto Istimewa : Titik pos penyekatan di Jalan Citepus Palabuanratu.

“Saya bersama keluarga ke Palabuanratu untuk berlibur, cuaca terlihat angin laut begitu besar. Makanya saya tidak mengijinkan anak dan saudara untuk berenang di pantai, takut terjadi hal tidak diinginkan,” kata Erwin (37) warga Desa/Kecamatan Cisaat, Sabtu (15/05/21).

Sebelumnya, ada tanda-tanda lonjakan arus kunjungan para wisatawan jelang siang hari. Akan tetapi, ia menyayangkan minimnya inventarisasi rambu-rambu dan petugas khusus, untuk memberikan himbauan bahaya larangan berenang disepanjang pantai selatan Palabuhanratu hingga Cisolok.

Guna mencegah lakalaut, kata dia, ia berharap kepada pemerintah untuk membuat rambu-rambu larangan bahaya lebih banyak lagi, ditempat lokasi pantai rawan bencana laka laut.

“Untuk para wisatawan lokal agar waspada dan hati-hati, apalagi cuaca dilaut lepas sangat buruk. Selain itu, para wisatawan agar dapat mengindahkan rambu-rambu tanda larangan berenang yang telah terpasang dizona-zona rawan lakalaut tersebut, Meski tidak semua lokasi terpasang rambu rambu tanda larangan berenang,” tandasnya.

Untuk diketahui, ini lokasi area rawan lakalaut yang perlu diwaspadai, diantaranya  Pantai Citepus I depan kantor Desa Citepus, Citepus Kebonkalapa, Citepus Katapangcondong, Pantai Gadobangkong, Pantai Karangnaya Sukawayana, Karangpapak Cisolok, objek wisata Karanghawu, Karanghawu Kebonkalapa, dan Ujunggenteng di Kecamatan Ciracap.**

Iklan

Artikel sebelumyaPerahu Terbalik Karena Kelebihan Penumpang, 9 Orang Tenggelam
Artikel berikutnyaDiduga Ditolak Rujuk Oleh Mantan Istrinya, Pria di Sukabumi Gagal Gantung Diri