Ade Armando : Poligami Seenak Udel Somad

139
Ade Armando : Poligami Seenak Udel Somad
Penggiat media sosial Ade Armando ft ss
JAKARTA,banten.indeksnews.com– Ade Armando Penggiat media sosial selalu kritis terhadap kejanggalan, baru saja dapat video dari seorang Ustad yang kontroversial Abdul Somad. “Somad bilang syarat poligami, harus minta izin dengan istri, kata Somad tak ada (tak perlu minta izin sama istri), saya nikah ke sini (Jakarta) nikah lagi sah, istri saya tak tahu, , kemudian ke Yogyakarta nikah lagi, sah,” jelas Somad yang dikomentari Dosen Fisip Komunikasi UI.

Selama istrinya empat (4) itu sah, kalau lima (5) tidak sah. Jadi kalau mau sah gimana, ya ceraikan yang satu dan nikah lagi. Begitu penjelasan Ade Armando dengan geramnya dalam Chanel Youtube bertema Logika di Cokro TV beberapa silam lalu.

Ade Armando melanjutkan, menyebalkan ya ulama mengkampanyekan poligami. Pasalnya poligami itu kan menyakitkan perempuan. Seolah-olah kata Somad dituturkan Ade, bahwa Poligami itu sesuatu yang dianjurkan dalam Islam.

Hal itu salah satu kebohongan, yang menurut Ade dalm beberapa tahun ini marak menyebar. Bahwa dalam Islam, pria muslim sebaiknya berpoligami. Seolah-olah pencipta manusia itu sayang dan senang kalau pria-pria muslim itu berpoligami. Itu kan ngarang bebas namanya. Namun itu kan terus menerus diulang-ulang oleh mereka yang kepingin punya banyak istri.

Ade mencotohkan, ada seminar poligami tiketnya jutaan rupiah, ada juga Ustad – Ustad yang terkemuka dengan bangganya memamerkan istri-istrinya di depan kamera. Oh ya ada yang bilang pria kaya yang tidak berpoligami, akan masuk neraka.

Penggiat Media Sosial Ade  dalam Tangkapan Layar Chanel Youtube Cokro TV, beberapa silam lalu. Masih dalam chanel Youtube itu, Ade mendengarkan suara, seorang penceramah mencontohkan “ada seorang pria yang mau masuk sorga dan ditanya malaikat, tunggu-tunggu, Malaikat bertanya kepada pria itu, berapa istrimu, pria itu menjawab satu. Kenapa istrimu satu. Kau kan orang mampu, mobilmu banyak, rumahmu banyak, pria itu menjawab takut sama istrimua, penceramah itu mengatakan ini yang menyebabkan kau masuk neraka daripada sama Tuhan.”

BACA JUGA:  Pemkot Tangerang gelar vaksinasi serentak di 40 titik, Wapres Turut Menyaksikan

“Saya tidak ingin mendebat soal kehalalan poligami, Ade tidak ingin mengatakan bahwa poligami itu sebenarnya haram dalam Islam, kalau ada Ustad atau Pria Islam yang percaya bahwa Poligami halal,” kata Ade ya silahkan.

Ade menandaskan, itu bohong, kalau Islam itu menganjurkan poligami, bohong kalau dibilang istri yang tidak mau dipoligami. Artinya tidak patuh pada ajaran Islam, itu kebohongan.

Itu kebohongan yang terus diulang-ulang, coba cek dulu deh. Aturan megenai poligami dalam Islam itu adanya dalam Surat Alquran An-Nisaa ayat 3. Ayat ini terkenal sekali dikalangan pria muslim, ya.

Begini bunyinya “Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya ). Maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senang dua, tiga atau empat. kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. QS. An Nisaa : 3.

Sudah lihat, kan disitu jelas, anjuran poligami kalau itu mau disebut anjuran, hanya ditujukan kepada pria yang takut tidak akan dapat bebas berlaku adil, terhadap hak-hak perempuan yatim. Apa maksudnya itu? Ya memang tidak jelas. Ayat ini jelas tidak menganjurkan poligami hanya karena si pria disebut ngebet, apalagi karena si pria tidak bisa menahan syahwat atau karena si pria jatuh cinta lagi.

Menurut Ade merujuk pada ayat tadi poligami dianjurkan, kalua si pria takut tidak adil terhadap perempuan yatim. Jadi kondisi tidak berbuat adil terhadap perempuan yatim itu harus ada dulu, baru dianjurkan poligami.

Ade menyarankan, kalau suatu kali ada seminar lagi, Anda ikut, coba Anda ajukan pertanyaan, soal perempuan yatim itu pada instruktur atau si pemeberi materi. Percaya deh si instruktur akan kelabakan, oh ya bakal makin kelabakan kalua Anda juga tanya dalam ayat itu dikatakan pula bahwa salah satu jalan keluar, bahwa satu jalan keluar bagi si p ria muslim mengawini budak-budak yang kamu miliki.

BACA JUGA:  Warga Minta Kemen PUPR - PT. Jasa Marga Perlebar Jalan Atau Rekayasa Lalin Depan GT Pamulang, Karena Timbulkan Kemacetan

Jadi Apakah dalam Islam seorang muslim bisa memiliki budak yang bisa dikawini, kalua penceramah bilang, oh itu kan masa lalu, Ketika masih ada budak, Anda tanya lagi, oh jadi ada ya ayat-ayat Alquran yang hanya berlaku dimasa lalu, tapi tidak lagi berlaku dimasa sekarang.

Intinya tegas Ade, jangan percaya ya kalau ada Ustad atau pria muslim yang menyatakan poligami adalah sesuatu yang dianjurkan dalam Islam. Itu ngasal, itu Cuma cari-cari pembenaran, itu bohong, gunakan akal ya, pungkas mantan Anggota Dewan Pers.