Presiden Joko Widodo: Pancasila kini menghadapi tantangan ideologi-ideologi trans-nasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia

43
Presiden Joko Widodo: Pancasila kini menghadapi tantangan ideologi-ideologi trans-nasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia
Perayanan Hari Kesaktian Pancasila virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, ft istw
BOGOR, banten.indeksnews.com- Presiden Joko Widodo bertindak selaku inspektur upacara pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, 1 Juni 2021.

Dalam upacara peringatan kali ini, Presiden Joko Widodo tampak mengenakan pakaian adat khas Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Upacara peringatan dipusatkan di Halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta.

Tepat pukul 08.00, Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara memasuki tempat upacara secara virtual dan diikuti laporan komandan upacara.

Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan teks Pancasila sementara Ketua DPR Puan Maharani tampak membacakan teks pembukaan UUD 1945.

“Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antarpandangan, rivalitas antarnilai-nilai, dan rivalitas antarideologi,” ujar Presiden Jokowi dalam amanatnya pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021.

Preside Jokowi menegaskan bahwa perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Menurutnya, diperlukan cara-cara baru yang luar biasa dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0.

“Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu-padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan,” ungkap Jokowi.

Pancasila kini menghadapi tantangan globalisasi. Berbagai kemudahan berinteraksi lintas negara bisa digunakan oleh ideologi-ideologi trans-nasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia.

Mari memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju.

BACA JUGA:  Polda Banten Ungkap Industri Rumahan Tembakau Gorila