Diskon PPnBM Mobil 50 Persen Mulai Berlaku Per 1 Juni 2021

167
Diskon PPnBM Mobil 50 Persen Mulai Berlaku Per 1 Juni 2021
Menteri Keuangan Sri Mulyani ft istimewa
JABODETABEK, banten.indeksnews.com– Diskon PPnBM 100 persen Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) tahap pertama yang diberlakukan sejak bulan Maret lalu telah berakhir tanggal 31 Mei 2021.

Mulai tanggal 1 Juni 2021 diskon PPnBM berlaku 50 persen dari tarif. Sebagai konsekuensinya, harga mobil jenis tertentu menjadi lebih mahal dari harga normal karena pada saat diskon PPnBM 100 persen diberlakukan, konsumen tidak membayar PPnBM, sedangkan mulai kemarin (01/06) telah dikenakan PPnBM sebesar 50 persen.

Kebijakan diskon PPnBM tersebut disahkan dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 20/PMK.010/2021 tentang Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021.

Di aturan ini, insentif PPnBM dibagi dalam tiga tahap. Pertama, dis PPnBM 100 persen mulai Maret hingga Mei 2021.

Kedua, dis PPnBM 50 persen diberikan mulai Juni hingga Agustus 2021 dan ketiga dis PPnBM 25 persen diberlakukan mulai September hingga Desember 2021.

Selain itu, kendaraan bermotor untuk jumlah penumpang 10 orang termasuk pengemudi kecuali sedan atau station wagon, dengan motor pembakaran cetus api atau nyala kompresi (diesel atau semi diesel) dengan sistem satu gardan penggerak (4×2) dengan kapasitas isi silinder sampai dengan 1.500 cc.

Akan tetapi, untuk mendapat insentif PPnBM, kendaraan tersebut harus memenuhi persyaratan jumlah pembelian lokal atau local purchase.

Persyaratan ini melingkupi pemenuhan jumlah penggunaan komponen yang berasal dari hasil produksi dalam negeri yang dimanfaatkan dalam kegiatan produksi kendaraan bermotor paling sedikit 70 persen.

BACA JUGA:  Goenardjoadi Goenawan MM Penulis Buku Mega skandal abad XXI BLBI, Uang zaman now disebut uang Giral Uang bukan Tunai.
Artikel sebelumyaPemkot Tangsel Sediakan Tempat Vaksin Permanen, Untuk Memudahkan Warga Kontrol
Artikel berikutnyaDisdik Jabar Mulai Siapkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Juli Mendatang